Gubernur Khofifah Lepas Keberangkatan Kafilah Jatim ke MTQ Nasional Ke-29 di Banjarmasin

Gubernur Khofifah Lepas Keberangkatan Kafilah Jatim ke MTQ Nasional Ke-29 di Banjarmasin Gubernur Khofifah saat melepas Kafilah Jatim ke MTQ Nasional Ke-29 di Banjarmasin.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, secara resmi melepas keberangkatan kafilah dari wilayahnya menuju Musabaqah Tilawatil Qur’an () Tingkat Nasional ke 29 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan itu berlangsung mulai hari ini, Senin (10/10/2022) hingga 20 mendatang.

Pelepasan para kafilah tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 Masehi yang digelar Pemprov Jatim di Islamic Center, Surabaya, Minggu (9/10/2022) malam.

Dalam sambutannya, gubernur mengatakan bahwa keberangkatan para kafilah ini merupakan ikhtiar untuk membawa harum nama Jawa Timur. Pihaknya pun mengajak masyarakat di Jawa Timur untuk mendoakan agar kafilah asal Jatim kembali dengan membawa predikat juara umum.

Ia menegaskan, keberangkatan kafilah Jatim dalam Nasional ini sangat beriringan dengan proses memberi referensi kehidupan untuk membangun generasi qurani.

“Ini referensi terhadap pola pikir, perilaku, interaksi dan seluruh unsur kehidupan untuk membangun generasi Qurani. Generasi yang memiliki akhlaqul karimah untuk kehidupan penuh kasih dan damai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, referensi ini juga beriringan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak. Selain itu, momentum ini juga menjadi refrensi untuk menghadirkan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Saat Sayyidah Aisyah r.a. istri Rosulullah SAW ditanya apa kesan beliau tentang Rosulullah Muhammad SAW maka dijawab akhlak Rosulullah adalah Alqur'an. Maka sesungguhnya hari ini bersama-sama kita mengingatkan diri kita semua bagaimana pola pikir, sikap, dan tindakan kita pada posisi yang berdasar akhlakul karimah dan berseiring dengan sifat-sifat yang diteladankan Rasulullah SAW,” paparnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO