Usaha Hijab Mahasiswi Unair dari Kediri ini Tembus Luar Pulau

Usaha Hijab Mahasiswi Unair dari Kediri ini Tembus Luar Pulau Mahasiswi Unair dari Kediri, Chofifah Ayu Kusumaningtyas, saat menunjukkan hasil kreasinya. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Seorang mahasiswi Universitas Airlangga () dari , Chofifah Ayu Kusumaningtyas, sukses melahirkan gagasan kreatif dan inovatif di bidang kewirausahaan fesyen hingga ke luar pulau, yakni Ulitha . Produk ini bertujuan untuk membangkitkan kesejahteraan penjahit lokal serta mengenalkan budaya Nusantara.

"Sekarang saya bersama rekan mahasiswa yang lain yakni Azka Chusniah Fitrah dan Lidya Ayu Sukmawandira, dibimbing oleh Dosen Diansanto Prayoga, sedang berada di tahap pelaksanaan rencana pengembangan usaha yang sudah disusun sebelumnya," kata mahasiswi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) itu, Minggu (9/10/2022).

Saat ini, Chofifah (sapaan akrabnya) tengah mengikuti (P2MW) 2022 yang diselenggarakan oleh Dikti dan berhasil lolos ke tahap pendanaan. Kegiatan tersebut akan bermuara pada Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Awards yang diselenggarakan pada 23-25 November 2022 di UPN Veteran Surabaya.

Ia memaparkan, Ulitha telah berdiri sejak 2020 dengan produk utama berupa daily hijab. Namun dalam perkembangannya, Chofifah bersama tim ingin meningkatkan inovasi sehingga lebih menarik dan memiliki cultural value.

"Dalam program kewirausahaan ini, kami mengusung tema 'Nusantara Bercerita dalam Selembar ' karena masih jarang sekali hijab printing lokal yang menggunakan motif nusantara. Kebanyakan mereka lebih memilih tema flora atau keindahan kota di mancanegara. Padahal, kalau kita mau mengenal nusantara lebih dekat lagi, pasti tidak kalah menarik dan tidak kalah indah,” paparnya.

Hingga saat ini, lanjut Chofifah, wirausaha yang dijalankannya itu telah berhasil memproduksi ribuan hijab yang dipasarkan hingga ke berbagai pulau. Meski demikian, keberhasilan itu tidak ia raih tanpa kendala.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO