Kemiskinan di Gresik Tembus 12,42 Persen, Pemkab Gandeng Ormas Perempuan untuk Percepat DTKS

Kemiskinan di Gresik Tembus 12,42 Persen, Pemkab Gandeng Ormas Perempuan untuk Percepat DTKS Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, bersama para ormas perempuan. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab mempercepat pendataan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut dilakukan untuk menangani kemiskinan di Kota Pudak yang menembus angka 12,42 persen.

Berdasarkan data BPS, ada 153.600 jiwa yang masuk dalam kategori miskin di Kabupaten . Kali ini, Pemkab menggandeng sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) perempuan untuk mempercepat DTKS, mereka di antaranya PKK, Fatayat NU, IWAPI, dan KOPRI.

Wakil Bupati , Aminatun Habibah, ingin organisasi perempuan dapat membantu mengawal pendataan di desanya masing-masing. Pasalnya, di lapangan banyak terjadi penyelewengan data antara yang miskin dengan yang tidak.

"Dalam pemberian bantuan, kita mengacunya pada data BPS. Saya dan Bu Ummi (Kepala Dinsos) butuh bantuan organisasi perempuan iuntuk bisa mengetahui mana yang benar-benar butuh dan tidak, sehingga nanti angka kemiskinan akan cepat turun," ujarnya saat melakukan pertemuan dengan ormas perempuan di Ruang Putri Cempo, Kantor Bupati , Jumat (30/9/2022).

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':