Minggu, 05 Juli 2020 02:23

Ratusan Kades dan Perangkat Desa Lurug Pendopo dan Pemkab Magetan

Selasa, 05 Mei 2015 16:44 WIB
Ratusan Kades dan Perangkat Desa Lurug Pendopo dan Pemkab Magetan
Perwakilan kades melakukan orasi di atas mobil sound sistem tepat di depan pendopo surya graha. (Nanang Ari/BANGSAONLINE)

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan kepala desa beserta perangkatnya berunjuk rasa di Pendopo Surya Graha dan Kantor Pemkab Magetan, siang tadi (5/5). Mereka menuntut bupati Sumantri segera mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penghasilan Tetap (Siltap) dan bengkok desa dikembalikan ke desa sesuai hak asal usul, tidak masuk dalam APBDes. Selain itu, mereka juga menuntut gaji selama lima bulan yang belum dicairkan.

Kades menengarai belum bisa cairnya gaji mereka karena belum keluarnya Peraturan Bupati (Perbup) terkait gaji kades dan perangkat. ”Belum adanya ketetapan perbup membuat gaji kades dan perangkat desa belum bisa dibayar selama lima bulan,” ujar Kepala Desa Puntukdoro Kecamatan Plaosan, Abdul Rozak.

Dia juga menambahkan, Kades dan perangkat desa di Kabupaten Magetan menolak dengan diberlakukannya peraturan baru terkait perubahan aturan pengelolaan bengkok desa.

Setelah melakukan orasi di depan Pendopo Kabupaten Magetan, ratusan Kades dan perangkatnya bergeser ke depan kantor Pemkab Magetan. Mereka sempat memaksa masuk ke kantor. Namun, karena penjagaan polisi yang ketat akhirnya mereka hanya berkumpul di depan pintu masuk. Seperti tak mengindahkan teriknya matahari, mereka bergantian menyuarakan tuntutan mereka di depan pintu. Mereka menuntut haknya ke Bupati Magetan Sumantri. Bupati diminta segera menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang tata cara pengalokasian Alokasi Dana Desa sesuai PP No 43 tahun 2014.

Sayangnya, aksi ratusan kades dan perangkat desa itu tak direspon oleh Bupati Sumantri. Dia terkesan menghindar dan sengaja tidak menemui kades dan perangkat yang demo di depan pendopo ataupun Pemkab Magetan. Info yang yang beredar, bupati ada kegiatan di luar kota.

“Bupati sembunyi, nggak berani nemui kita. Kita sudah bosan dengan janji-janji pejabat. Lihat saja kalau lurah dan perangkat desa mogok kerja, nggak mau narik pajak, apa Bupati nggak kelimpungan,” ujar Kunjani Kades Randugede dengan nada kecewa terhadap Sumantri yang tak merespon aksi para Kades dan perangkat desa.

Akhirnya perwakilan massa ditemui Kabag Pemerintahan Kabupaten Magetan Edi Muryanto. Edi menjelaskan pihaknya akan mengupayakan jalan terbaik terkait tuntutan Kades dan perangkat desa. Pertemuan ini masih belum final, instansi terkait akan menindak lanjuti dan mengundang perwakilan Kepala desa.

“Besok siang akan kita upayakan melakukan pertemuan dengan perwakilan Kepala Desa. Akan kita bahas tentang perumusan Peraturan Bupati (Perbup) terkait gaji Kades dan perangkat,” imbuhnya. (nng/ndik)  

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...