Tak Terima Sarpras Kampus Kurang, Ratusan Mahasiswa UIJ Demo Pihak Rektorat dan Yayasan

Tak Terima Sarpras Kampus Kurang, Ratusan Mahasiswa UIJ Demo Pihak Rektorat dan Yayasan Ratusan mahasiswa UIJ menggeruduk gedung Rektorat UIJ dengan memampang sejumlah poster peringatan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Tidak terima dengan kurangnya sarana dan prasarana (sarpras) kampus, ratusan mahasiswa () melakukan melakukan tuntutan kepada pihak rektorat dan yayasan, Rabu (28/9/2022).

Ratusan mahasiswa yang digawangi oleh Umar selaku koordinator lapang (korlap) itu menyuarakan aspirasi dan tuntutan kepada pihak Rektorat dan yayasan yang menaungi kampus tersebut. Realita yang mendorong aksi tersebut dilakukan adalah karena kurangnya sarpras kampus yang dirasakan oleh mahasiswa.

BACA JUGA:

"Mahasiswa sekarang itu banyak yang melakukan pembelajaran, yang itu bukan di dalam kelas, tapi di teras kelas karena saking sedikitnya ruang untuk pembelajaran." ungkap Umar ketika dimintai keterangan atas apa yang melandasi aksi kali tersebut.

Ia juga menegaskan bahwa tuntutan dalam aksi tersebut adalah agar pihak kampus beserta yayasan segera melakukan pembangunan dan melengkapi sarpras yang kurang memadai. Mengingat kegiatan belajar mengajar di kampus tersebut, sampai pada kondisi kekurangan ruang kelas.

"Tuntutannya itu pembangunan dan kelengkapan sarana prasarana," tegasnya.

Terkait tuntutan tersebut, ada beberapa hal pokok dalam tuntutannya yang telah ia sampaikan kepada pihak rektorat dan yayasan.

"Yang pertama lahan parkir, terus kursi, sama LCD. Kalau bisa diusahakan itu laboratorium. Tapi kalau untuk laboratorium dari yayasan dan rektorat itu tadi mengucapkan, mengapa tidak membuat satu laboratorium saja untuk semua prodi? Jadi ya mungkin agak kecewa akan perkataan itu," keluhnya.

Aksi yang berlangsung beberapa saat di depan Gedung Rektorat tersebut kemudian bergeser ke dalam ruang rektorat, dengan seluruh massa aksi berduyung- duyung memasuki ruang tersebut.

Di dalam ruangan tersebut, Rektor  Abdul Hadi beserta segenap pembantu rektor dan perwakilan yayasan duduk bersama untuk berdiskusi. Mereka menjawab tuntutan mahasiswa tersebut dengan menjanjikan pemenuhan sarpras yang diminta akan dikabulkan paling lambat di akhir bulan Oktober. Diskusi tersebut berakhir dengan penandatanganan pakta integritas yang berisi tuntutan mahasiswa kepada pihak rektorat dan yayasan.

Sedangkan Umar selaku korlap aksi, merespons hal tersebut dengan mewanti-wanti pihak kampus untuk betul-betul memenuhi janjinya. Ia bersama segenap mahasiswa mengancam akan melakukan blokade pada aksi selanjutnya, apabila janji tidak ditepati.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO