Harga Tembakau Rajangan Turun, Petani di Sampang Pertanyakan BLT DBHCHT yang Tak Kunjung Terealisasi

Harga Tembakau Rajangan Turun, Petani di Sampang Pertanyakan BLT DBHCHT yang Tak Kunjung Terealisasi Fadi saat menjemur tembakau kering. Foto : MUTAMMIM/BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Para petani tembakau di terancam tidak bisa merasakan manisnya keuntungan hasil panen yang mereka tanam. Pasalnya, harga jual tembakau rajangan di gudang tembakau turun drastis.

Seperti yang diungkapkan Fadi, petani tembakau di Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan , Kabupaten . Ia mengalami keresahan setelah harga tembakau mengalami penurunan sejak beberapa pekan terakhir.

"Awalnya harga tembakau cukup tinggi, tetapi setelah petani tembakau di panen ternyata harganya sudah turun," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (24/9/2022).

Saat ini, lanjut Fadi, harga tembakau rajangan dengan kualitas baik di tingkat petani hanya mampu terjual Rp47 ribu per kilogram. Sedangkan untuk kualitas menengah hanya dihargai Rp45 ribu per kilogramnya.

"Kalau dibandingkan dengan harga tembakau sekarang dengan bulan sebelumnya cukup jauh, awalnya harga tembakau per satu kilogram tembus Rp 52.000 kini turun menjadi Rp 45.000 per kilogram," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...