Wisata Sumber Sirah Malang, Wisata Alternatif Bawah Air yang Harus Dicoba

Wisata Sumber Sirah Malang, Wisata Alternatif Bawah Air yang Harus Dicoba Wisata Sumber Sirah Gondanglegi Malang. (Haris/BANGSAONLINE)

MALANG, BANGSAONLINE.com - Sumber Sirah, salah satu tempat wisata sumber air yang bisa jadi alternatif wisata di Kabupaten Malang.

Lokasi ini memang masih jarang dikunjungi karena memang belum banyak yang tahu dan letaknya yang berada di areal persawahan, tepatnya di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi. ini diakui memiliki potensi wisata yang eksotik, terutama bagi para snorkling dan photographer dalam air. 

Pemandangan di dasar mata air Sumber Sirah bak taman firdaus dengan jernihnya air yang membuat ganggan laut dan terumbu karang terekspos bagaikan di surga.

Untuk menuju lokasi inipun sangat mudah. Bisa ditempuh dari kota Malang menuju ke arah Gondanglegi yang jaraknya berkisar 13 Km.
Meskipun tanda masuknya sangat minim, namun untuk menuju lokasi ini terbilang mudah. Tempat ini bisa diakses melalui jalan sebelum pasar Gondanglegi melewati Desa Putukrejo. Hanya membutuhkan waktu 10 menit, maka anda akan sampai di lokasi wisata sumber air yang masih sangat alami ini.

Dengan merogoh kocek Rp 2000 untuk parkir motor diteruskan dengan jalan kaki ke lokasi, maka kita sudah dapat menikmati pemandangan berupa kolam air berukuran sekitar 50 x 30 meter persegi yang membuat decak kagum.

"Airnya sangat jernih, dan pemandangan bawahnya luar biasa mas," ungkap Muhajir dari Jakarta yang mengaku sebagai fotografer bawah air.

Sayangnya keindahan Sumber Sirah ini, masih jauh dari layaknya fasilitas. "Dari akses jalan, hanya bisa dilalui dengan sepeda motor dan sebagian masih tanah," keluhnya.

"Mestinya ada kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Malang. Jika ada keterlibatan Pemkab Malang, pasti wisata sumber air ini akan jadi wisata alternatif di Kabupaten Malang," ujarnya.

Sementara itu, Kasnawi (35), warga Desa Putukrejo mengaku Sumber Sirah sudah ada sejak nenek moyangnya. "Airnya dulu seperti air mumbul, tetapi sekarang karena sudah disedot PDAM Tidak seperti dulu lagi," ungkapnya. (ais/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO