Antisipasi Inflasi Pasca Kenaikan Harga BBM, Gubernur Khofifah Siapkan Bantalan Sosial Ekonomi

Antisipasi Inflasi Pasca Kenaikan Harga BBM, Gubernur Khofifah Siapkan Bantalan Sosial Ekonomi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat blusukan dan sidak ke Pasar Babat Lamongan, Selasa (6/9/22).

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kenaikan harga bahan pangan dan kebutuhan pokok sesuatu yang tidak dapat dihindari pasca kenaikan . Hal itu menyebabkan inflasi daerah.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan dan secara signifikan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa blusukan dan sidak ke Lamongan, Selasa (6/9/22).

Dia mengecek langsung harga berbagai komoditi kebutuhan masyarakat, bersama Bupati Lamongan Yuhronur Effendi dan jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim terkait.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah berdialog langsung dengan para penjual. Mulai dari penjual daging ayam dan sapi, telur, hingga cabai. Bahkan, perempuan yang juga Ketua Umum Muslimat NU itu juga membeli bahan-bahan kebutuhan pokok yang dijual di Lamongan.

"Ini daging sapi satu kilonya pinten, Bu? Masih standar nggeh, Bu?," tanya Khofifah.

"Hari ini sekilonya Rp110.000 Bu Gubernur. Harganya masih sama, tapi pembelinya masih sepi," tutur salah satu penjual daging sapi di Lamongan.

Dari hasil sidak, diketahui kenaikan harga tidak terjadi di seluruh komoditi. Bahkan beberapa justru mengalami penurunan. Menurut Khofifah, peninjauan tersebut penting sebagai antisipasi terjadinya inflasi di daerah. 

"Kalau telur ternyata justru ada penurunan. Sedangkan daging ayam ada kenaikan Rp4.000, di atas HET," ungkapnya.

Selain daging ayam, komoditi lain yang mengalami kenaikan adalah bawang merah dan bawang putih. Kenaikan mencapai Rp2.000 per kg.

Dengan kondisi di pasaran yang masih fluktuatif, Gubernur Khofifah mengajak masyarakat, khususnya para Ibu-Ibu yang berhadapan langsung dengan pemenuhan kebutuhan rumah tangga, agar lebih cermat dalam mengatur keuangan.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO