Minggu, 15 September 2019 22:00

Lamongan Raih Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Rabu, 29 April 2015 23:53 WIB
Lamongan Raih Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha
LENCANA - Fadeli menerima penyematan Satya Lencana Karya Bakti dari Presiden RI Jokowi. (Humas Pemkab Lamongan)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Lamongan H Fadeli SH MM menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, kemarin (28/4) sore, di Istana Negara, Jakarta.

Dalam keterangannya kepada BANGSAONLINE.com, Bupati Fadeli mengatakan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan atas prestasi kinerja sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Lamongan dinilai mampu mewujudkan tujuan otonomi daerah dalam mensejahterakan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan daya saing.

Kabupaten Lamongan yang dipimpinnya telah berhasil mendapat pemeringkatan terbaik nasional hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD).

"Yang dinilai adalah prestasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui capaian kinerja dalam peningkatan pada pelayanan urusan kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum, perumahan, lingkungan hidup, pariwisata, pertanian baik fisik maupun non fisik dan urusan lainnya dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujarnya.

Sehari sebelumnya H Fadeli juga menerima piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai kabupaten terbaik Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2013. Penghargaaan diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ketika Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XIX, Senin (27/4) di halaman Kantor Kemendagri, Jakarta.

Fadeli mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang memiliki kinerja terbaik secara nasional, khususnya dalam penyelenggaraan urusan tata kelola pemerintahan.

Untuk mendapatkan penghargaan yang prestisius ini, setiap kepala daerah, kata Fadeli diwajibkan menyampaikan laporan LPPD yang dievaluasi.

Juga di bidang kesehatan dan pendidikan, tergambarkan dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 71,8. Di era Bupati Fadeli, Lamongan juga dikenal sebagai daerah berprestasi, baik di tingkat regional, nasional, bahkan internasional.

"Prestasi luar biasa ini akan jadi motivasi untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan, utamanya dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat," tegasnya.

Menurut Fadeli, kunci dari otonomi daerah adalah terciptanya masyarakat yang sejahtera. Sehingga, langkah yang harus dilakukan pemerintah daerah agar masyarakatnya lebih sejahtera adalah meningkatkan ekonomi masyarakat disamping memperbaiki infrastruktur.

Di bidang pertanian, kinerja Lamongan sangat menonjol jika dilihat dari produksi padi yang sangat tinggi, tahun lalu realisasinya mencapai 1,28 juta ton gabah kering giling (GKG). Lamongan juga dikenal sebagai salah satu produsen perikanan terbesar dengan produksi tahun lalu sebesar 116.972,32 ton. (ais/nis)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...