Sabtu, 25 Januari 2020 13:15

Lamongan Raih Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Rabu, 29 April 2015 23:53 WIB
Lamongan Raih Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha
LENCANA - Fadeli menerima penyematan Satya Lencana Karya Bakti dari Presiden RI Jokowi. (Humas Pemkab Lamongan)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Lamongan H Fadeli SH MM menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, kemarin (28/4) sore, di Istana Negara, Jakarta.

Dalam keterangannya kepada BANGSAONLINE.com, Bupati Fadeli mengatakan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan atas prestasi kinerja sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Lamongan dinilai mampu mewujudkan tujuan otonomi daerah dalam mensejahterakan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan daya saing.

Kabupaten Lamongan yang dipimpinnya telah berhasil mendapat pemeringkatan terbaik nasional hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD).

"Yang dinilai adalah prestasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui capaian kinerja dalam peningkatan pada pelayanan urusan kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum, perumahan, lingkungan hidup, pariwisata, pertanian baik fisik maupun non fisik dan urusan lainnya dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujarnya.

Sehari sebelumnya H Fadeli juga menerima piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai kabupaten terbaik Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2013. Penghargaaan diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ketika Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XIX, Senin (27/4) di halaman Kantor Kemendagri, Jakarta.

Fadeli mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang memiliki kinerja terbaik secara nasional, khususnya dalam penyelenggaraan urusan tata kelola pemerintahan.

Untuk mendapatkan penghargaan yang prestisius ini, setiap kepala daerah, kata Fadeli diwajibkan menyampaikan laporan LPPD yang dievaluasi.

Juga di bidang kesehatan dan pendidikan, tergambarkan dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 71,8. Di era Bupati Fadeli, Lamongan juga dikenal sebagai daerah berprestasi, baik di tingkat regional, nasional, bahkan internasional.

"Prestasi luar biasa ini akan jadi motivasi untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan, utamanya dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat," tegasnya.

Menurut Fadeli, kunci dari otonomi daerah adalah terciptanya masyarakat yang sejahtera. Sehingga, langkah yang harus dilakukan pemerintah daerah agar masyarakatnya lebih sejahtera adalah meningkatkan ekonomi masyarakat disamping memperbaiki infrastruktur.

Di bidang pertanian, kinerja Lamongan sangat menonjol jika dilihat dari produksi padi yang sangat tinggi, tahun lalu realisasinya mencapai 1,28 juta ton gabah kering giling (GKG). Lamongan juga dikenal sebagai salah satu produsen perikanan terbesar dengan produksi tahun lalu sebesar 116.972,32 ton. (ais/nis)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 25 Januari 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluark...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...