Kondom Berserakan di Puncak B29 Lumajang, MUI Desak Wisata Ditutup

Kondom Berserakan di Puncak B29 Lumajang, MUI Desak Wisata Ditutup Puncak B29 Lumajang. foto: lintas.me

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Objek wisata B29 yang menjadi primadona Kabupaten Lumajang tercoreng dengan ditemukannya banyak kondom bekas pakai.

Destinasi wisata yang berslogan Negeri di Atas Awan, di Dusun Puncak, Desa Argosari, Kecamatan Senduro ini, menjadi lokasi survei pengamanan yang dilakukan aparat Kepolisian Sektor Senduro. Dan ditemukan kondom-kondom bekas pakai.

Kepala Kepolisian Sektor Senduro Ajun Komisaris (AKP) Bunamin membenarkan adanya penemuan kondom-kondom itu. Penemuan itu tidak disengaja lantaran polisi sedang melakukan survei pengamanan. "Kondom itu bekas dipakai," katanya, kemarin. "Kondom yang kami temukan saat itu tujuh, tapi langsung kami buang." imbuhnya.

Banyak di antara pengunjung yang sampai mendirikan tenda untuk bermalam di puncak B-29. Di kawasan ini terdapat sabana kecil yang memang bisa digunakan untuk berkemah.

Berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut, puncak B-29 banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Ribuan wisatawan setiap bulan menjejakkan kaki di sini.

Dari puncak B-29, wisatawan dapat memandang bentangan lautan pasir alias kaldera Gunung Bromo. Selain itu, pengunjung bisa mengambil momen matahari terbit, terdapat hamparan kabut yang menutupi lautan pasir sehingga terlihat bak berada di atas awan.

Anggota Majelis Ulama Inonesia (MUI) Cabang Kabupaten Lumajang Atok Hasan Sanusi, mendesak agar B29 ditutup sementara. Hal ini, untuk menghidari persepsi buruk objek wisata yag sedang naik daun ini. "Saya menginginkan objek B29 menjadi tempat wisata yang baik, dan terhindar dari wisatan yang ingin memanfaatkan tempat tersebut," tegasnya.

Kepala Dinas Pariwisata seni dan Budaya Pemerintah Kabupaten Lumajang, Gawat Sudarmanto sempat kaget mendengar kabar ini. Pihaknya akan menyurati Kepala Desa Argosari, agar menempatkan pengamanan di kawasan ini. "Secepatnya kita tindaklanjuti." (ron/ros) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO