LPBI NU Bangil Awali Program PKMM CBA di Tiga Desa

LPBI NU Bangil Awali Program PKMM CBA di Tiga Desa Koordinator PKMM CBA H. Afifudin saat menghadiri PKMM CBA di Desa Manaruwi Kecamatan Bangil.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Bangil mulai menggalakkan  ().

Mengawali program, bakal menggelar kegiatan gladi ruang top exercise. Yaitu teknik latihan dalam bentuk diskusi untuk memberikan pemahaman, penyempurnaan, dan review peraturan yang ada.

Koordinator , H. Afifudin, menjelaskan kegiatan ini bebrtujuan membuat standar operasional prosedur (SOP) penanganan darurat bencana di tingkat desa. Sementara ini, yang menjadi sasaran program yaitu 3 Desa yang ada di wilayah PCNU Bangil. Yakni dan Masangan , serta Desa Sumberejo Kecamatan Pandaan.

"Tujuan diadakan kegiatan ini supaya sewaktu-waktu ada bencana, daerah tersebut sudah selalu siaga," kata pria yang karib disapa Gus Afif tersebut kepada HARIAN BANGSA, saat ditemui di Balai , Bangil, Pasuruan, Jumat (12/08/2022).

Tiga desa itu dipilih sebagai sasaran program karena masuk daerah rawan bencana alam, khususnya banjir yang rutin terjadi setiap tahun.

Menurutnya, masyarakat selama ini cenderung abai dengan kondisi alam ketika tidak terjadi bencana. "Begitu ada bencana, semua panik dan kebingungan mencari perlindungan," ungkapnya.

Hal itulah yang mendorong , sehingga masyarakat dapat siap siaga dalam menghadapi bencana. Sebab secara SOP, fasilitas bencana seperti tempat perlindungan warga, peralatan, dan kebutuhan lainya sudah tersedia.

Meskipun LPBI NU sudah memberikan , Gus Afif berharap masyarakat tetap waspada dan tidak menganggap remeh bencana alam.

Sekadar informasi, rangkaian program ini diawali pembuatan dokumen KRB kajian risiko bencana pada tanggal 11, 12, dan 13 Agustus. Kegiatan itu menghadirkan Tim LPBI PBNU H.A li Yusus, fasilitator utama dari pusat Didik Mulyono, Tim Lokal CBA Bangil, dan Pemerintah . (afa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO