HSN 2022, Ratusan Relawan Turun ke Sungai Kedak Kediri untuk Bersihkan Sampah

HSN 2022, Ratusan Relawan Turun ke Sungai Kedak Kediri untuk Bersihkan Sampah Koordinator WWI Region Kediri, Bima Nuryawan (kiri), bersama relawan lainnya saat mengambil sampah di Sungai Kedak yang melewati Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ratusan Relawan Peduli Sungai dari berbagai komunitas bersama Pemkot , turun ke Sungai Kedak di Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Minggu (7/8/2022). Agenda tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional (HSN) 2022.

Koordinator Wild Water Indonesia (WWI) Region , Bima Nuryawan, mengatakan bahwa Hari Sungai Nasional sendiri ditetapkan pemerintah pada 27 Juli 2011. Hal itu diharapkan dapat menggerakkan kepedulian masyarakat untuk bergotong-royong menjaga kebersihan dan kelestarian sungai.

"Kami dan kawan-kawan relawan peduli sungai akan terus menggaungkan aksi penyelamatan sungai dan akan terus bersuara 'Kembalikan Sungai Pada fungsinya'. Salah satunya adalah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai," ujarnya.

Pihaknya, lanjut Bima, akan terus konsisten membuat gerakan jaga perairan di wilayah agar tetap lestari. Salah satunya melalui gerakan 'Stop Setrum, Racun, Bom Ikan, dan Nyampah di sungai, khususnya di wilayah .

Dalam kesempatan tersebut, para relawan juga membuat petisi yang ditandatangi dan berbunyi Kali Kedak Bukan Tempat Sampah. Dari beberapa komunitas lingkungan yang terlibat dalam aksi bersih-bersih sungai Kedak tersebut di antaranya adalah relawan dari Yayasan Hijau Daun Mandiri, Rumah Zakat dan WWI Region .

Mereka bergotong-royong turun ke sungai dengan membawa alat-alat seperti cangkul, alat pengait sampah, dan sak-sak untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah yang dibuang sembarangan. Kotoran yang dikumpulkan lalu dibawa ke tempat pengumpulan sampah untuk selanjutnya dibawa ke TPA oleh truk sampah. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO