Risma dan 10 Bupati Raih Penghargaan Pembina K3

Risma dan 10 Bupati Raih Penghargaan Pembina K3 Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima penghargaan K3 di Grahadi kemarin. (Nisa/BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim Soekarwo memberikan penghargaan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan 10 bupati di Jatim sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Periode Tahun 2014 di Gedung Negara Grahadi, kemarin (22/4).

Ke-10 bupati yang mendapatkan penghargaan adalah Bupati Gresik Sambari Halim, Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, Bupati Pasuruan H Iryad Yusuf,Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim, Bupati Tuban H Fathul Huda, Bupati Lamongan H Fadeli, Bupati Blitar H Herry Noegroho, Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasha dan Bupati Lumajang H As'at Malik.

Pakde Karwo mengatakan, apresiasi khusus tersebut diberikan agar semua para pimpinan daerah memberikan perhatian serius terhadap keselamatan kerja. Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh Bupati/walikota, potensi kecelakaan kerja bisa dikendalikan.

“Semua perusahaan mempunyai potensi akan terjadi kecelakaan, akan tetapi dengan adanya perhatian Bupati-walikota dan ditanggapi positif oleh perusahaan makan tingkat kecelakaan kerja bisa ditekan,” ungkap Soekarwo.

Menurutnya, bupati-walikota menyebarkan budaya K3, sedangkan peran perusahaan adalah mempertimbangkan keselamatan kerja. Tentunya hal ini mendapat sambutan positif dari para pekerja.

“Apabila pekerja merasa nyaman dalam bekerja karena keselamatan kerja mereka diperhatikan, akan timbul semangat dalam bekerja. Secara tidak langsung akan membantu produktifitas perusahaan,” ucapnya.

Kultur yang disebarkan oleh bupati-wali kota memberikan efek positif, dimana jumlah perusahaan yang peduli akan keselamatan kerja semakin meningkat.

Apabila tahun lalu jumlah perusahaan penerima Kecelakaan Kerja Nihil (zero accident) sebanyak 346 perusahaan, pada tahun ini meningkat menjado sebanyak 405 perusahaan penerima penghargaan. “Hal itu tidak lepas dari semangat Bupati-wali kota dalam menyebarkan budaya K3 di perusahaan-perusahaan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO