14 Stasiun PT KAI Daop 8 Surabaya Gelar Kampanye Cegah Tindak Kekerasan Seksual

14 Stasiun PT KAI Daop 8 Surabaya Gelar Kampanye Cegah Tindak Kekerasan Seksual Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya, Heri Siswanto saat kampanye di Stasiun Surabaya Gubeng.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menggelar kegiatan kampanye di untuk mencegah dan pelecehan seksual. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di 14 stasiun di seluruh wilayah kerja pada Rabu (29/6/2022).

Executive Vice President , Heri Siswanto mengatakan, tujuan dari kampanye serentak itu adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat agar tidak melakukan dan pelecehan seksual di transportasi umum, khususnya kereta api.

“Kampanye ini penting untuk mengajak kepada masyarakat supaya ketika menggunakan layanan tetap saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan. Sehingga dapat terwujud transportasi kereta api yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan,” ujar Heri Siswanto.

Dalam kegiatan itu, melibatkan berbagai pihak untuk ikut menyuarakan pencegahan pelecehan seksual di layanan . Pihak-pihak eksternal dalam kampanye serentak tersebut di antaranya Komunitas Pecinta Kereta Api, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Provinsi Jawa Timur, Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur, serta tokoh-tokoh dan aktivis anti kekerasan seksual.

Dalam kampanye tersebut, melakukan imbauan mencegah dan pelecehan seksual melalui pengeras suara. juga menyampaikan pesan melalui spanduk, poster, pamflet, dan stiker. Di samping itu, mengajak masyarakat untuk menandatangani petisi anti kekerasan dan pelecehan seksual di transportasi publik serta membagikan suvenir kepada pelanggan di stasiun dan kereta api.

Sebelumnya, pada Sabtu (25/6/2022) lalu, memberikan penghargaan kepada kondektur yang melindungi pelanggan perempuan dari tindakan pelecehan seksual. Menteri Erick juga mengapresiasi tanggapan atas kejadian tersebut. Ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu melaporkan kepada petugas jika ada indikasi pelecehan seksual.

Selama periode 2021 s/d Juni 2022, telah melakukan 4 kali kegiatan sosialisasi anti tindakan kekerasan dan pelecehan seksual di stasiun-stasiun berbagai kota seperti Malang dan Surabaya. akan terus melakukan sosialisasi lebih lanjut agar semakin banyak masyarakat yang teredukasi terkait menjaga kesopanan di transportasi kereta api.

Heri Siswanto mengatakan, petugas baik di stasiun maupun di atas kereta api akan terus bersiaga jika terjadi dan pelecehan seksual. Meski demikian, juga tetap meminta pelanggan agar tetap waspada dan melaporkan kepada petugas jika terjadi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual.

“Melalui kampanye serentak Cegah Tindak Kekerasan dan di Transportasi Publik ini, kita mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang menyenangkan bagi pelanggan saat bepergian jarak pendek ataupun jarak jauh,” tutup Heri Siswanto. (yan/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO