Iwan: Pengguna Media Digital Harus Cerdas Sampaikan Informasi

Iwan: Pengguna Media Digital Harus Cerdas Sampaikan Informasi Deby Kurniawan, saat menyampaikan materi dalam seminar di Unisla.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Deby Kurniawan, mengingatkan banyaknya temuan manipulasi informasi di era digitalisasi. Manipulasi tidak hanya dalam narasi saja, melainkan pada konten lain berupa foto dan video.

Hal itu disampaikan Iwan, panggilan Deby Kurniawan, dalam seminar digital kreator di Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Islam Lamongan (Unisla).

"Manipulasi tidak hanya terjadi pada narasi saja, melainkan pada konten lain seperti foto dan video. Karena keduanya juga sangat mudah untuk dimanipulasi," katanya, Kamis (2/6/2022) kemarin.

Di hadapan para mahasiswa, Iwan yang mengangkat tema 'peran media dalam menangkal hoaks' berpesan agar penggunaan media digital dibarengi dengan kecerdasan penggunanya. Karena pembuat hoaks bisa saja mengedit foto dan video untuk memprovokasi pembaca.

"Orang yang ahli dalam melakukan editing akan mampu membuat hasil editan yang sulit lagi dibedakan keasliannya oleh orang awam. Itulah sebabnya kita harus berhati-hati dengan foto atau video yang beredar, terlebih di dunia maya," ujar dia.

Iwan yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Lamongan, juga menyampaikan pentingnya kecerdasan dan kedewasaan berpikir dalam membagikan suatu informasi atau berita.

"Jangan mudah terprovokasi dengan info-info yang tidak jelas asal usulnya yang disebarkan oknum tidak bertanggung jawab. Jangan asal share. Teliti dulu kebenaranya. Kita harus cerdas dalam menyaring informasi, mana yang berguna dan mana informasi yang tidak membawa manfaat," pungkasnya. (qom/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO