​Jelang Ramadan 1443 H, Gubernur Khofifah Mengajak Masyarakat untuk Mengasah Kesalehan Sosial

​Jelang Ramadan 1443 H, Gubernur Khofifah Mengajak Masyarakat untuk Mengasah Kesalehan Sosial Gubernur Khofifah saat berada di Cafe and Resto Raka Roja Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, mengingatkan masyarakat untuk mengasah kesalehan sosial lewat keseimbangan antara Hablum Minallah dan Hablum Minannas jelang Bulan yang tinggal hitungan hari.

"Saat ini sudah dekat Bulan Ramadan. Saya ingin katakan, betapa kesalehan sosial sangat penting. Maka mari kesalehan sosial terus kita asah dengan zakat, infak, dan sedekah serta mempererat silaturahmi. Upaya itu akan memberikan keseimbangan antara Hablum Minallah dan Hablum Minannas," ujarnya saat meresmikan milik anggota DPRD Jatim , di Tuban, Senin (28/3).

Kemudian, Khofifah menceritakan sejumlah perjalanan yang dilakukannya bersama Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid atau yang akrab dikenal dengan panggilan . Menurut dia, sangat konsisten dalam mencontohkan pengamalan kesalehan sosial dalam perjalanan hidupnya.

"Saya bisa merasakan nafas keilmuan dan nafas kesalehan sosial luar biasa dari dari perjalanan-perjalanan di mana saya sering mengikuti sejak tahun 1992. Sering sekali ada yang rawuh ke beliau untuk minta dibantu secara keuangan. Biasanya, beliau akan memberi berapa pun yang ada di kantong beliau," kenangnya.

Khofifah menilai apa yang dilakukan adalah cara beliau merawat ummat, yang juga selalu diikuti dengan penuh kasih dan berbagi.

"Jadi memang benar, merawat ummat harus dikuati dengan layanan kesejahteraan. Saya kira itulah yang sedang dilakukan oleh Pak Agung dengan pembukaan cafe ini. Yang mana, Pak Agung berusaha memajukan ekonomi keluarga maupun rakyat," tuturnya.

Khofifah menjelaskan bahwa Grand Opening Raka Roja dapat menjadi peluang lapangan kerja baru untuk masyarakat khususnya UMKM di tengah krisis pandemi Covid-19. Mengingat, banyak produsen dari sektor makanan dan minuman yang berkesempatan mendapat market baru.

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO