Satresnarkoba Polresta Sidoarjo Grebek Rumah Produksi Miras Oplosan di Krembung

Satresnarkoba Polresta Sidoarjo Grebek Rumah Produksi Miras Oplosan di Krembung Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, saat menunjukkan barang bukti berupa miras oplosan yang disita dari sebuah kontrakan di Desa Mojoruntut, Kecamatan Krembung.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satresnarkoba menggerebek sebuah kontrakan di , , Senin (21/3) malam. Selama tiga bulan terkakhir, rumah itu menjadi tempat produksi minuman keras (miras) oplosan.

, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, mengatakan bahwa petugas menangkap seorang tersangka berinisial IAS (41). Selain itu, didapatkan barang bukti berupa lima galon berisi miras oplosan, 24 botol yang sudah diisi dengan stiker , satu pak segel tutup botol, satu pompa elektrik, satu bungkus lem rajawali, satu corong, satu saringan air, dan satu gentong plastik.

“Tersangka mengoplos miras hanya dengan dua bahan, yaitu alkhohol yang dibelinya di Surabaya dengan dalih bahan hand sanitizer dan air. Cara mengoplosnya, perbandingan 15 liter alkohol 92 persen dicampur lima galon air. Kemudian dimasukannya oplosan tersebut ke dalam botol 950 ml yang sudah ditempeli stiker label , setelah itu ditutup dengan segel,” ujarnya saat konferensi pers di lokasi, Rabu (23/3).

Ia menuturkan, tersangka juga menjual miras oplosan ke wilayah Krembung dan sekitarnya dengan harga Rp40 ribu per botol. Menurut Kusumo, miras ini sangat membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsinya karena oplosan.

“Terhadap tersangka IAS. kami kenakan tiga pasal sekaligus, pasal pasal 106 jo pasal 24 ayat 1 UU RI no 7 tahun 2014 tentang perdagangan, pasal 140 jo pasal 86 ayat 2 UU RI no 18 tahun 2012 tentang pangan, dan pasal 204 ayat 1 KUHP. Ancaman hukumannya paling lama penjara 15 tahun,” kata Kusumo.

Polisi akan terus menggiatkan patroli kamtibmas terhadap segala macam tindakan penyakit masyarakat, seperti peredaran miras maupun penyalahgunaan narkoba menjelang Bulan Suci Ramadan 1443 H. (cat/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Pencurian Sepeda Motor di Krian Sidoarjo Terekam CCTV, Pelaku Mengenakan Seragam Ojol':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO