Persiapkan Generasi Unggul, Kabupaten Madiun Kukuhkan Bunda PAUD Tingkat Kecamatan

Persiapkan Generasi Unggul, Kabupaten Madiun Kukuhkan Bunda PAUD Tingkat Kecamatan Bupati Madiun, Ahmad Dawami, saat menandatangani SK Bunda Paud kecamatan se-Kabupaten Madiun dan pengukuhan kelompok kerja Bunda Paud Kabupaten Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Bupati Madiun, Ahmad Dawami, mengatakan bahwa dunia pendidikan adalah ujung tombak dari terciptanya generasi unggul yang dibutuhkan bagi negara dan pendidikan anak harus dilakukan sejak usia dini. Menurut dia, peran Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sangat diperlukan untuk mendukung kesuksesan tersebut.

"Menurut survey bahwa pembentukan yang mempengaruhi karakter itu harus dimulai dari anak usia dini," ujarnya saat memberi sambutan usai mengukuhkan Bunda Paud kecamatan se-Kabupaten Madiun dan pengukuhan kelompok kerja Bunda Paud Kabupaten Madiun di , Selasa (15/3).

Ia menuturkan, mereka yang telah dikukuhkan bakal mempunyai tanggung jawab yang cukup berat. (sapaan akrab) menyebutkan, bonus demografi pada angka usia produktif lebih tinggi, dan apabila disiapkan akan membuat Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju, termasuk Kabupaten Madiun.

"Tahun 2045 itu ada bonus demografi. Bonus demografi ini harus dimanfaatkan dengan baik dan dipersiapkan. Bunda PAUD memiliki tanggung jawab itu," tuturnya.

Ia memaparkan, penyiapan generasi unggul kini dimulai dengan penanganan stunting dengan memastikan kesehatan remaja putri pra-nikah, intervensi masa kehamilan, serta asupan gizi pada anak

"Stunting juga menjadi hal yang harus ditangani. Meskipun angka stunting di Kabupaten Madiun sudah mendekati target 14 persen, namun stunting mempengaruhi tumbuh kembang anak sehingga harus terus ditekan dengan seluruh unsur, termasuk Bunda Paud," paparnya.

Sementara itu,, selaku pembina Bunda PAUD menekankan agar pengurus di tingkat kecamatan segera membentuk kelompok kerja dan program yang akan dilaksanakan,

"Bunda Paud terintegrasi hingga tingkat desa, dalam hal ini istri kepala desa, sehingga dengan begitu akan lebih mudah bersinergi," kata Istri ini.

Pokja Bunda PAUD mempunyai berberapa bidang yang akan membantu mensukseskan program nasional dalam gerakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas, dan juga merupakan mitra kerja dalam pengembangan anak usia dini di Kabupaten Madiun

"Intinya tujuan kami ke depan menginginkan pendidikan yang berkualitas dan penurunan angka stunting," pungkasnya. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO