Lomba Desain Batik Lamongan, Tema masih Seputar Bandeng Dan Lele

Lomba Desain Batik Lamongan, Tema masih Seputar Bandeng Dan Lele Ketua Dekranasda Lamongan, Mahdumah Fadeli (berbaju biru) kagumi hasil batik khas Lamongan. (Haris/BANGSAONLINE)

LAMONGAN (BANGSAONLINE.com) - Di tahun keempat pelaksanaan Lomba Batik Lamongan, desain peserta lomba masih seputar tema ikan bandeng dan lele serta motif bunga melati. Yang berbeda, di lomba kali ini Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lamongan Mahdumah Fadeli menjanjikan akan menggunakan desain pemenang sebagi seragam pelajar.

Sampai dengan tahun keempat penyelenggaraan, telah terkumpul sebanyak 467 motif yang berbeda. Di tahun ini, ada 139 motif yang diikutkan lomba. Sedangkan tahun lalu ada 140 motif.

Dalam Lomba dan Seminar Batik Lamongan yang dilangsungkan di Pendopo Lokatantra tersebut, Juara pertama di kategori umum adalah Alismawati dari Sendangagung Kecamatan Paciran dengan judul Rantai Bandeng Lele. Sedangkan Juara kedua diraih Imsaroh dari Desa Sendangagung/Paciran dengan judul Taman Melati, Juara ketiga oleh Hj. Siti Umaroh dari Sendangduwur dengan judul Melati dan Bandeng Lele.

Penjurian sendiri dilakukan sehari sebelumnya oleh Mahdumah Fadeli bersama Dosen Seni Rupa Universitas Negeri Suarabaya (Unesa) Vera Retyaningrum dan dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta Harnandito.

"Saya berharap dengan diadakannya lomba serta seminar seperti ini akan memacu karya Lamongan terus berinovasi. Insyaallah pemenang lomba akan dijadikan seragam pelajar di Kabupaten Lamongan," kata Mahdumah Fadeli, Rabu (8/4) di Pendopo Lokatantra.

Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Gunadi menyebutkan Lomba Batik Lamongan tahun ini diikuti 61 peserta dengan 139 karya dari kategori umum. Sedangkan di kategori pelajar diikuti 177 orang siswa, yang terdiri dari 100 pelajar SMP dan 77 pelajar SMA.

Untuk Kategori pelajar SMP, juara I dan II berasal dari SMPN 1 Lamongan yakni Rahmawati Indah Cahyani dan Yeni Fitri Sari, serta Juara III oleh Tarisa Anggraeni P dari SMPN 5 Lamongan.

Sedangkan di kategori pelajar SMA, juara I dan II keduanya berasal dari SMAN 2 Lamongan yakni Dhika Erlangga dan Rizka Sandra Amelia serta juara III dari SMAN 1 Lamongan Syahrinaldi Timur Erlangga.

Selain mendapatkan piala dan sertifikat, para pemenang juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta untuk juara pertama, juara kedua sebesar Rp 4 juta, dan Rp 2 juta untuk juara ketiga. Bagi Jura Favorit mendapatkan uang pembinaan Rp 1 juta di masing-masing kategori dan motif terunik masing-masing mendapatkan Rp 500 ribu. Ketua Dekranasda juga memberikan tambahan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta pada ke-15 pemenang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO