Bantah Haramkan Wayang, Tokoh Salafi Khalid Basalamah Minta Maaf

Bantah Haramkan Wayang, Tokoh Salafi Khalid Basalamah Minta Maaf Khalid Basalamah. Foto: CNNIndonesia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Tokoh Salafi Khalid Basalamah akhirnya minta maaf. Pendakwah aliran keras itu minta maaf setelah mendapat banyak kritik dari warga Indonesia, terutama yang beragama Islam, karena ia mengharamkan wayang dan akan memusnahkannya. Padahal dalam sejarah Islam, wayang menjadi media dakwah para wali songo yang sangat efektif.

"Saya Khalid Basalamah mengucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya dari hati nurani kami kepada seluruh pihak yang tidak terkecuali yang merasa terganggu atau tersinggung, dengan jawaban kami tersebut," kata Khalid lewat video yang diunggah di channel Youtube Basalamah Official.

"Video ini kami buat untuk klarifikasi sekaligus permohonan maaf tentunya atas potongan pertanyaan yang diajukan oleh salah satu jemaah beberapa tahun lalu di Masjid Blok M di Jakarta dan sekaligus jawaban kami tentang masalah wayang," kata penceramah yang sering mendapat kritik karena sering menyinggung keyakinan kelompok agama dan paham lain itu, Selasa, (15/2/2022).

Basalamah mengatakan, saat itu dirinya ditanya jemaah soal wayang. Dia menyebut saat itu tidak menyatakan haram.

"Saya pada ada saat ditanyakan masalah wayang, saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan, kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan," kata Basalamah yang oleh banyak pihak dianggap tak paham sejarah Islam Indonesia.

Dia mengungkapkan kala itu dirinya mengajak agar menjadikan Islam sebagai tradisi. Basalamah lalu menjelaskan maksud dari Islam sebagai tradisi tersebut.

Sumber: detik.com/CNNIndonesia

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO