​Bupati Tuan Rumah MotoGP Sirkuit Mandalika itu Ketua PCNU

​Bupati Tuan Rumah MotoGP Sirkuit Mandalika itu Ketua PCNU M Mas'ud Adnan. Foto: BANGSAONLINE.com

Oleh: M Mas’ud Adnan --- Performance-nya selalu santai. Tidak formal. Sering berkaos. Bercelana jins. Seolah bukan pejabat.

Ya, itulah Bupati (Loteng). H. Lalu Pathul Bahri, S.I.P

Ia memang aktivis sejak muda. Ia pernah menjadi ketua GP Ansor Loteng. Ansor adalah sayap pemuda organisasi keagamaan terbesar di negeri ini: Nahdlatul Ulama (NU).

Pathul Bahri juga pernah menjadi Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Loteng. Maka wajar jika ia selalu tampil “metal” dan santai. Gaya anak muda. Meski kini ia pejabat. Bupati. 

Bahkan ia bukan hanya pejabat. Ia juga ketua PCNU Loteng. Dua periode. Ia terpilih kembali secara aklamasi sebagai ketua PCNU periode 2021 – 2026.

(Bupati Pathul Bahri. Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com)

Saya dua kali bertemu Pathul Bahri. Di . Tepatnya, di sebuh rumah makan khas Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Saat itu saya ikut rombongan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, ke NTB. Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu datang ke NTB untuk pelantikan pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pegunu). Juga acara ceramah di kantor PCNU Loteng. 

“Ayo kalau mau nonton ,” ajak Bupati Pathul Bahri kepada rombongan Kiai Asep Saifuddin Chalim sembari tersenyum.

Saat itu rombongan Kiai Asep tiba lebih dulu di rumah makan tersebut. Kami juga ditemani Dr Baiq Mulianah, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB. 

(Pathul Bahri (kanan), Bupati yang juga di kantor PCNU saat mengundang Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, untuk berceramah. Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com). 

Setelah sekian menit menunggu datanglah seorang bersorban. Bersama dua orang. Ternyata ia Tuan Guru Maarif Makmun. Rais Syuriah PCNU Loteng. Penampilannya persis Imam Bonjol. 

Sambil ngobrol saya terus melihat ke pintu. Menunggu . Yang katanya mau datang. Tapi gak datang-datang. Sampai gilirannya ngobrol soal program pemkab. Barulah saya sadar bahwa orang yang duduk di seberang meja adalah . Pathul Bahri.

Saya tak menyangka. Karena performanya sama sekali tak menunjukkan seorang pejabat. Santai. Tanpa ajudan.

Padahal - biasanya - seorang bupati selalu diikuti ajudan. Kadang tak cukup satu. Bahkan penampilan ajudannya sering lebih bupati dari bupatinya sendiri. Apalagi gaya politiknya. 

Kini Pathul Bahri menjadi orang paling bertanggung jawab terhadap suksesnya ajang balap internasional . Maklum, ajang balap bergengsi itu akan digelar di wilayah kekuasaannya. . Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada 18 hingga 20 Maret 2022 mendatang.

Para pembalap dan penonton dari berbagai negara dipastikan hadir. Paling tidak, sekitar 100.000 penonton. Itu sesuai dengan batasan maksimal yang ditetapkan pemerintah. Terutama Satgas Covid-19.

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO