Pertimbangan Sebelum Membeli Rice Cooker

Pertimbangan Sebelum Membeli Rice Cooker Ilustrasi.

BANGSAONLINE.com - Memilih bisa menjadi pekerjaan yang membingungkan. Mengingat, ada begitu banyak pilihan merek dan jenis yang dijual di pasaran. Apalagi, alat masak ini juga menjadi salah satu faktor penentu apakah nasinya nanti matang sempurna atau tidak, tahan lama atau tidak, dan lengket di inner pot atau tidak.

Oleh karena itu, walaupun terlihat sepele, memilih yang tepat amat penting.

Nah, bagi Anda yang merasa bingung mau pilih yang mana? Yuk, pertimbangkan dulu hal-hal di bawah ini:

1. UKURAN


Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran. Ada banyak pilihan ukuran yang tersedia, mulai dari size mini hingga ukuran besar. Pilihan kapasitas harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Sebagai contoh: jika terdapat 4-6 orang dalam satu rumah, maka disarankan untuk beli ukuran 1,8 - 3 liter. Sedangkan, apabila tinggal 1-2 orang atau anak kost bisa pilih ukuran 0,6 - 1 liter.


2. TIPE


Saat ini hadir dalam dua tipe, yaitu analog dan digital. Meskipun keduanya sama-sama berfungsi untuk menanak dan menghangatkan nasi, tapi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu:

- Tombol pengaturan. Rice cooker digital memiliki banyak fitur yang dikendalikan oleh tombol, seperti low cook (masak lambat), fast cook (masak cepat), steam tray (mangkok kukus), dan preset (mengatur waktu masak).

Sedangkan, pada tipe analog hanya memiliki tombol cook (masak) dan warm (hangat).

- Waktu. Kelebihan yang dimiliki tipe digital ialah dapat mengatur waktu. Pengguna bisa memperlambat atau mempercepat sesuka hati. Misal, saat Anda sedang lapar tapi tidak tersedia nasi, maka Anda bisa masak dan menentukan kapan bisa matang, misalnya dalam waktu 10 menit. Namun, untuk analog sendiri tidak bisa mengatur cepat lambatnya memasak.

- Harga. Harga digital dijual dengan harga yang lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 400.000 – Rp 1.300.000. Sedangkan, versi analog lebih murah, yaitu Rp 250.000 – Rp 800.000. Harga ini adalah perkiraan ya, bisa lebih mahal atau lebih terjangkau (sesuai ukuran dan merek).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO