Titik Paling Rawan Jawa Timur Ada di Pulau Madura dan Tapal Kuda

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kunjungan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dalam rangka memantau kesiapan keamanan jelang Pemilu 2019, salah satunya dilakukan di wilayah tapal kuda. Kapolda mengunjungi Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

Menurut Luki, untuk titik rawan di wilayah Jawa Timur ada di Pulau Madura, Probolinggo, Pasuruan, dan Situbondo.

"Secara umum untuk wilayah Jawa Timur, titik kerawanan ada di beberapa wilayah. Yakni wilayah (pulau) Madura keseluruhan ini tetap menjadi prioritas, bagi Polda Jatim dan TNI. Karena setiap pilkades, pilbup, dan pilgub, selalu ada (konflik). Bahkan Pilpres lalu, sempat diulang," kata Luki saat berada di Mapolres Jember, Minggu (14/4/2019).

Sehingga karena hal itu, lanjutnya, Polda Jatim menitik fokuskan pada wilayah tersebut. "Selain itu, juga ada daerah tapal kuda beberapa, Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo, juga menjadi titik fokus kami," ungkapnya.

Untuk pemantauan persiapan keamanan jelang Pemilu 2019, lanjutnya, akan terus dilakukan. "Pemantauan ini kami bagi dua tim. Untuk tim kedua dipimpin langsung oleh Wakapolda Jatim, di seluruh Madura. Saya di wilayah tapal kuda, lanjut ke Situbondo dan Bondowoso, juga sampai besok," katanya. (jbr1/yud/rev)