Cooling System di Hari Tenang, Polda Jatim Gelar Lomba Burung Berkicau

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-74, Polda Jatim menggelar lomba burung berkicau memperebutkan piala Kapolda di lapangan upacara Mapolda Jatim, Minggu (14/2)

Pembukaan lomba burung berkicau Kapolda Cup 2019 dihadiri oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pejabat Utama Polda Jatim.

Dalam sambutannya, Kapolda Jatim menyampaikan lomba burung berkicau kali ini juga dalam rangka cooling system menjaga situasi jelang Pemilu 2019 (hari tenang). Diharapkan, lomba burung berkicau Kapolda Jatim menjadi wahana hiburan menarik pasca berbagai kegiatan kampanye. 

"Di hari pertama minggu tenang pasca kampanye, kami mengambil momen ini untuk memberi hiburan masyarakat Jatim," tutur Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan.

Kapaolda menyampaikan bahwa perlombaan ini diikuti 2.000 peserta dari berbagai daerah. "Bahkan dari luar Pulau Jawa pada hadir juga, ini luas biasa. Kita menyelenggarakan lomba burung dalam rangka cooling system untuk pendinginan untuk masyarakat bisa melihat secara langsung dan bisa menjadi hiburan yang sangat menarik," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan imbauannya menjelang pilres ini. Yakni, masyarakat diminta tidak melakukan kegiatan terselubung.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Jatim khususnya, untuk betul-betul bisa memanfaatkan minggu tenangn ini untuk cooling system tidak melakukan kegiatan-kegiatan secara terselubung, melakukan kegiatan kampanye, maupun lainnya. Kami sudah menurunkan tim dan satgas dan patroli," tegasnya.

Terkait daerah yang rawan, menurutnya seluruh daerah memiliki kerawanan. Namun yang perhatian adalah Tapal Kuda dan Madura. "Bersama TNI Polri menjamin keamanan pemilu dan meminta warga untuk tidak takut datang ke TPS, karena Polri, khususnya Polda Jatim, sudah mempersiapkan pengamanan. Pasukan Brimob juga sudah digeser duluan ke daerah. Sedangkan untuk pergeseran pasukan secara keseluruhan akan dilaksanakan besok hari Senin (15/04)," ujar Kapolda Jatim.

Setelah mebuka acara lomba burung berkicau Kapolda Cup 2019, Luki meninjau lokasi persiapan Pilpres ke beberapa tempat daerah, di antaranya Situbondo, Bondowoso, dan Jember. (ana/rev)