Ikut Mahfud MD, Guru Diniyah se-Jatim Dukung Jokowi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ratusan guru diniyah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Jawa Timur memastikan dukungan sekaligus mengawal pemenangan pasangan calon presiden/wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Kepastian dukungan untuk paslon 01 tersebut sesuai hasil Rakorwil yang digelar di Aula Hotel Utami, Sidoarjo, Sabtu (13/4).

“Ada banyak hal yang kami pertimbangkan sampai berkesimpulan akan berjihad mengawal kemenangan Pak Jokowi, Kiai Ma'ruf. Salah satu pertimbangan utama, setelah kami mengikuti berbagai statement Pak Mahfud MD,” kata Ketua DPW FKDT Jawa Timur, Satuham Akbar.

Menurut Satuham, FKDT semakin mantap mendukung Jokowi setelah mengikuti Ngaji Kebangsaan bareng Mahfud MD di lapangan Kodam V/Brawijaya pada Minggu (7/4).

Sebelumnya, ribuan anggota FKDT yang terdiri para guru madrasah diniyah se-Jawa Timur condong mendukung Jokowi setelah terpilihnya KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden. “Para kiai dan ulama di Jawa Timur juga mengarahkan kami. Setelah kami mencermati Prof Mahfud, kami semakin mantap mendukung Pak Jokowi, Kiai Ma'ruf,” ujarnya.

Mahfud MD, kata Satuham, bisa dijadikan contoh, meski gagal menjadi cawapres, namun tetap gigih mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Terkait dukungan ini, FKDT akan menggerakkan puluhan ribu pengurusnya hingga ke level desa untuk mengawal kemenangan Jokowi-Ma'ruf. Mereka akan memastikan seluruh guru madrasah bisa menggunakan hak pilihnya pada 17 April dengan mencoblos Jokowi-Ma`ruf.

Di Jawa Timur, jumlah guru diniyah anggota FKDT mencapai 266.000 guru, yang tersebar di 26.000 yayasan, dan memiliki 1,5 juta santri. (cat/rev)