Sesuai Instruksi Presiden Jokowi, Bupati Trenggalek Salurkan Bantuan untuk Kelompok Petani Lokal

Editor: Rohman
Wartawan: Herman Subagyo
Kamis, 30 Desember 2021 20:45 WIB

Bupati Trenggalek, Moch Nur Arifin, saat menyalurkan bantuan alat mesin pertanian pada kelompok tani di wilayahnya.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan menyalurkan sejumlah bantuan berupa alat mesin pertanian pada kelompok tani di daerahnya.

, Moch Nur Arifin, mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari aspirasi warga kepada Presiden Joko Widodo () ketika mengunjungi Trenggalek beberapa waktu lalu. 

"Nah ini baru sempat kita serahterimakan," ujarnya saat menyerahkan bantuan pada kelompok tani di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Desa Karangan, Kecamatan Karangan, , Kamis (30/12). 

Ia menuturkan, alat mesin pertanian itu berasal dari APBN, APBD Provinsi Jawa Timur, dan APBD . Arifin berharap, margin usaha tani bisa bertambah dengan adanya bantuan tersebut.

Selama ini, kata Arifin, hasil panen para petani dijamin oleh Bulog. Meski begitu, ia bakal berupaya melakukan berbagai langkah di tingkat kabupaten, salah satunya dengan menyerap gabah petani melalui peraturan daerah Badan Usaha Milik Petani yang akan dimulai tahun depan.

"Nanti beras premium yang bisa digunakan untuk mensuplai bansos, mensuplai kebutuhan beras para pegawai, dan lain sebagainya," tuturnya.

Ia mengimbau agar para kelompok tani di Trenggalek yang telah menerima alat mesin pertanian bisa memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan , Didik Susanto, menyebutkan bantuan ini diberikan pada 53 kelompok tani yang ada di 14 kecamatan di . Nantinya, para pegawai negeri di lingkup diminta untuk membeli beras hasil panen dari petani lokal, sesuai permintaan dari terkait mekanisme penyerapan gabah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video