Pandemi Covid-19, Pilkades Serentak Sidoarjo 2022 Bakal Terapkan Protokol Kesehatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pandemi Covid-19, Pilkades Serentak Sidoarjo 2022 Bakal Terapkan Protokol Kesehatan

Editor: Rohman
Wartawan: Mustain
Selasa, 28 Desember 2021 18:11 WIB

Kepala Dinas PMD Sidoarjo, Mulyawan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2022. Pesta demokrasi di tingkat desa itu rencananya bakal digelar dengan (prokes) karena pandemi Covid-19 masih mewabah.

"Tetap memakai prokes ( 2022) karena masih pandemi, seperti 2020 lalu," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sidoarjo, Mulyawan, Selasa (28/12).

Ia menyebutkan, pencoblosan saat gelaran pilkades disebar pada sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) dan tidak dipusatkan di kantor desa, seperti pilkades 2020. Hal ini untuk menghindari kerumunan massa dan mencegah penyebaran virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Cina, itu.

Mulyawan memaparkan, agenda ini bakal digelar oleh 83 desa dan di antara puluhan desa itu memakai sistem pemungutan suara secara online atau e-Voting. Ia juga mengungkapkan pendanaan yang bakal berlangsung tahun depan.

" mengalokasikan dana APBD yang diberikan melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Jumlah BKK besarnya bervariasi setiap desa, tergantung jumlah pemilih dalam pilkades tersebut, antara Rp100 juta sampai sekitar Rp300 juta/desa," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video