Sepulang dari Muktamar NU, Ini yang Dilakukan Kiai Asep Saifuddin Chalim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sepulang dari Muktamar NU, Ini yang Dilakukan Kiai Asep Saifuddin Chalim

Editor: MMA
Minggu, 26 Desember 2021 08:00 WIB

Para santri meletakkan sajadahnya agar diinjak Prof Dr KH Asep Safuddin Chalim, MA, sebagai tabarrukan, di Masjid Raya KH Abdul Chalim Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur, Sabtu (25/12/2021). Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com

BANDAR LAMPUNG, BANGSAONLINE.com – Para kiai NU punya cara dan kebiasaan sendiri, seusai menghadiri perhelatan akbar seperti Muktamar ke-34 NU di Lampung. Ada yang santai, ngobrol, untuk menghilangkan penat sambil jagongan dan roko’an. Namun ada pula yang langsung mengintensifkan ibadah karena selama mengikuti Muktamar, waktunya tersita mengikuti sidang, konsolidasi, dan tugas-tugas organisasi yang lain.

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA juga punya cara dan kebiasaan sendiri. Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu justru langsung pulang. 

“Ada Hadits mengatakan, kalau acara sudah selesai, harus segera pulang. Karena di rumah ada keteduhan,” kata itu.

Gak istirahat dulu, Kiai? “Kita istirahat di mobil (sambil jalan, red),” katanya.

Ternyata bukan hanya itu alasannya. Yang paling mendorong Kiai Asep harus segera pulang, karena ia istiqamah mengajar ngaji para santrinya usai salat Subuh. 

“Saya berada di mana pun, kalau masih bisa pulang, saya pulang untuk mengajar ngaji,” kata Kiai Asep sembari mengatakan bahwa ada kepuasan jiwa jika mengajar ngaji ribuan para santrinya.

Kiai Asep memang dikenal sebagai pengajar dan pendidik sejati. “Tak ada satu pun santri yang tak tersentuh pengajian saya,” kata Kiai Asep.

Rombongan Kiai Asep pun langsung mengemas barang-barang bawaannya. Saat itu sekitar pukul 10.45, Jumat (24/12/2021). Kiai Asep dan rombongannya pulang lewat jalur darat. Naik kapal seperti umumnya para muktamirin.

Dari kapal, Kiai Asep dan rombongan langsung melaju menuju Pacet Mojokerto Jawa Timur. Tentu melewati Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah lebih dulu, sebelum ke Jawa Timur.

Kiai Asep dan rombongan beberapa kali berhenti di rest area. Selain untuk salat juga makan ala kadarnya. 

(Para santri PP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto saat mengikuti pengajian Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, di Masjid Raya KH Abdul Chalim, Pacet Mojokerto, Sabtu (24/12/2021). Foto: MMA/ BANGSAONLINE.COM)

Sekitar pukul tiga malam, Kiai Asep dan rombonga kembali berhenti di rest area. Kiai Asep dan rombongan, selain salat jamak qashar maghrib dan isya’, juga salat malam. Setelah itu, Kiai Asep dan rombonga melanjutkan perjalanan lagi.

Di tengah perjalanan, saat memasuki Jawa Timur, Kiai Asep menelepon para pengurus pesantren Amanatul Ummah di Pacet Mojokerto. Ia minta ribuan santri yang sudah berada di dalam masjid menunggu kehadirannya. 

“Nanti saya yang mengimami,” kata Kiai Asep lewat telepon.

Para santri itu berada di dalam Masjid Raya KH Abdul Chalim Pesantren Amanatul Ummah sudah bangun sejak pukul 3 malam. Mereka salat hajat dan witir, disamping membaca al-Quran.

Kiai Asep tiba di masjid KH Abdul Chalim sekitar pukul 4 pagi (Sabtu/25/12/2021). Masjid besar dan luas itu penuh santri berpakaian serba putih. Bahkan para santri itu meluber ke luar masjid.

Sambil mengejar waktu, Kiai Asep mengajak wartawan HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com, M Mas’ud Adnan, berwudlu di dekat pengimaman. 

“Kita wudlu di dekat pengimaman,” ajak Kiai Asep kepada Mas’ud Adnan yang ikut serta ke Muktamar ke-34 NU di Lampung.

Di sebelah kiri pengimaman memang ada tempat wudlu – atau kamar mandi – cukup besar. Bahkan juga ada kamar istirahat lengkap dengan kasur yang disiapkan untuk para imam, khatib, dan tamu khusus.

Usai wudlu, Kiai Asep salat raka’atul fajri persis di depan kamar mandi itu. Sehingga begitu keluar ke pengimaman, Kiai Asep bisa langsung mengimami salat Subuh, di depan para santrinya yang sudah lama menunggu di dalam masjid.

(Para santri Amanatul Ummah Pacet Mojokerto saat mengikuti pengajian Kitab Mukhtarul Ahadits) yang dibaca Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA. Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com)

Usai mengimami salat subuh dan dzikir, Kiai Asep langsung membuka kitab Muchtarul Ahadits (Hadits-Hadits pilihan) yang sudah disiapkan para santrinya. Beberapa santri berebut meletakkan sajadahnya menjadi alas kaki sang kiai.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video