Pedagang Srikaya Sumenep Panen Untung hingga Ratusan Juta Rupiah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pedagang Srikaya Sumenep Panen Untung hingga Ratusan Juta Rupiah

Editor: NS/Revol
Wartawan: Faisal
Jumat, 27 Maret 2015 23:09 WIB

Yusuf Ismail, salah satu pembeli Srikaya. (Faisal/BANGSAONLINE)

SUMENEP (BangsaOnline) - Siapa sangka berdagang srikaya bisa meraup untung hingga jutaan rupiah. Saat musim srikaya seperti saat ini, berasa manis dan banyak bijinya itu mempunyai pembeli tersendiri, bahkan tersebut dikirim hingga keluar Madura.

DI tingkat eceran, untuk berdagang srikaya tidak perlu modal besar. Seperti yang dilakoni Iwan (35) salah satu pedagang srikaya asal Desa Tanah Merah, Kecamatan Saronggi. Hanya dengan Rp 5 juta bisa raup keuntungan sampai puluhan juta dalam waktu sebulan.

”Kalau pembeli lagi ramai untuk mendapatkan keuntungan sampai Rp 2 juta tidak terlalu sulit, cukup berjualan sehari penuh penghasilan sebanyak itu bisa dicapai. Tapi sebaliknya, jika pembeli lagi sepi dagangan dengan modal Rp 5 juta bisa sampai satu minggu lakunya,” kata Iwan.

Pria yang sering berjualan srikaya di pinggir jalan raya Sumenep-Pamekasan tepatnya di Kecamatan Bluto itu mengaku dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya dilakukan sendirian. Melainkan dilakukan dengan istri tercintanya.

Dikatakan, dalam memasarkan srikaya yang banyak tumbuh di kampung halamannya itu tidak cukup dijual di lapaknya saja, melainkan juga dipasarkan beberapa pasar yang ada di Surabaya. Bahkan srikaya yang dihasilkan petani Sumenep, juga dipasarkan hingga ke Jawa Tengah, maupun ke Ke Jakarta.

”Peminat srikaya kan tidak hanya orang Sumenep saja, melainkan orang luar Sumenep juga, makanya pasarannya luas,” beber dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Srikaya buah

Berita Terkait

Bangsaonline Video