Program dari Petrokimia Gresik 2021 Sukses Makmurkan 21.344 Petani di Tanah Air | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Program dari Petrokimia Gresik 2021 Sukses Makmurkan 21.344 Petani di Tanah Air

Editor: Rohman
Wartawan: Syuhud
Selasa, 21 Desember 2021 11:25 WIB

Petani binaan Petrokimia Gresik melalui Program Makmur saat penanaman tebu. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik telah menggandeng 21.344 petani dalam Program Makmur sepanjang tahun 2021, dengan luasan lahan yang digarap mencapai 19.421 hektare atau 121% dari target yang diamanahkan, yaitu 16.000 hektare.

Hal ini disampaikan Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih, saat Workshop Tenaga Kawalan Lapangan Program Makmur, Senin (20/12) kemarin.

Digna menyampaikan, bahwa Program Makmur yang diinisasi oleh Pupuk Indonesia dan dijalankan oleh seluruh anggota holding, termasuk Petrokimia Gresik, merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem yang mendukung petani dari hulu hingga hilir, sehingga proses budi daya maupun pemasaran hasil berjalan optimal.

“Program ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas hasil di berbagai komoditas yang kami garap, mulai dari tanaman pangan, perkebunan, hingga hortikultura,” ujar Digna.

Adapun Program Makmur yang dijalankan Petrokimia Gresik selama tahun 2021 menyasar komoditas padi seluas 7.781 hektare, tebu 5.728 hektare, jagung 4.292 hektare, kelapa sawit 948 hektare, benih kangkung 532 hektare, bawang merah 50 hektare, tembakau 50 hektare, porang 35 hektare, dan melon 5 hektare.

“Mayoritas di Jawa Timur yang merupakan wilayah terdekat dengan perusahaan. Kemudian Jawa Tengah dan DIY, disusul Bali-Nusra, Jawa Barat, serta Sumatera,” jelas Digna.

Melalui program ini, Petrokimia Gresik memberikan jaminan pasar dengan menghadirkan off taker untuk melindungi anjloknya harga hasil apabila dijual ke tengkulak. Kemudian menggandeng pihak asuransi untuk melindungi petani dari potensi gagal panen, serta bekerja sama dengan pihak perbankan sebagai pemberi modal.

Petrokimia Gresik sendiri berperan dalam menyuplai pupuk dan pestisida melalui anak perusahaan, sekaligus memberikan kawalan melalui edukasi pemupukan berimbang dan layanan mobil uji tanah.

“Ketika produktivitas meningkat dan hasil terserap dengan baik, diharapkan kesejahteraan petani dapat terdongkrak dan tentunya stok pangan nasional juga terjaga,” paparnya.

Digna menambahkan bahwa Program Makmur juga menjadi sarana edukasi bagi Petrokimia Gresik agar petani terbiasa menggunakan pupuk non-subsidi, mengingat alokasi pupuk subsidi yang diberikan pemerintah jumlahnya terbatas dibandingkan kebutuhan nasional. Sebagai bonusnya, penjualan pupuk nonsubsidi Petrokimia Gresik pun meningkat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video