Kolaborasi Berantas Hoaks, AMSI Jatim Gelar Rapat Bersama Stakeholder

Editor: Rohman
Wartawan: Anatasia Novarina
Senin, 20 Desember 2021 15:27 WIB

AMSI Jatim saat menggelar rapat bersama stakeholder di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim. Dalam acara itu juga dilakukan penyerahan sertifikat dari Dewan Pers terhadap sejumlah media siber yang lolos verifikasi faktual.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur (Jatim) menggelar rapat bertajuk 'Kolaborasi Konten Terpercaya dan Komunikasi Era Digital' bersama para pemangku kepentingan (stakeholder) di wilayah paling timur Pulau Jawa. 

Agenda yang berlangsung di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim, itu dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi dan menyamakan persepsi dalam pengelolaan media siber serta untuk memerangi kabar bohong (hoaks) di Jatim.

"Jadi saya hari ini bersyukur bisa di tengah-tengah orang yang menguasai dunia. Kalau saya berdiri sebagai Wakapolda, sebagai seorang polisi, kalau saya titip masalah keamanan, saya yakin tidak sulit, sehingga apa yang terjadi di perkembangan digital, kemampuan orang untuk menebar isu hoaks dan lain sebagainya, saya yakin yang ada di sini ketika bergandengan tangan untuk Jawa Timur semua bisa dihadang dengan kekuatan yang ada," kata , Brigjen Pol Slamet Hadi Suparptoyo, saat memberi sambutan, Senin (20/12). 

"Kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi informasi saat ini telah sampai pada pengembangan industri konten Digital Media siber atau media online di Indonesia juga mengalami pertumbuhan begitu pesat, sehingga saat ini kita semakin mudah untuk mendapatkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya," paparnya menambahkan.

Slamet memastikan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini. Ia berharap kepada media yang tergabung dalam AMSI untuk fokus terhadap konten yang akurat, serta tidak berniat buruk dan dapat dipertanggungjawabkan, sesuai dengan Undang-Undang Pers atau Kode Etik Jurnalisme.

"Polda Jawa Timur sangat mendukung acara stakeholder meeting hari ini. Semoga acara ini dapat mencerahkan kita di dalam pengelolaan berita serta kita secara bersama-sama bisa memerangi itu (hoaks)," tuturnya.

Sementara itu, Ketua AMSI Jatim, Arif Rahman, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi dari keprihatinan atas maraknya hoaks. Menurut dia, luapan informasi di ruang publik diakui mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video