Sidak Hotel Grand City Batu, Komisi A DPRD: Harus Dibongkar, Karena Menyalahi Aturan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sidak Hotel Grand City Batu, Komisi A DPRD: Harus Dibongkar, Karena Menyalahi Aturan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Jumat, 17 Desember 2021 22:27 WIB

Hotel Grand City Kota Batu tampak depan.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Komisi A DPRD bersama dengan Satpol PP, DLH, Dispenda, dan DPMPTSP melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke Batu yang berlokasi di Jalan Raya Sidomulyo, Kecamatan Batu, , Jumat (17/12).

Hal itu dilakukan menyikapi keluhan warga dan pihak Pemeritah , terkait dengan pencemaran limbah hingga dugaan hotel yang sebagian bangunannya berada di atas sungai.

Wakil Ketua Komisi A DPRD , Jatmiko, menjelaskan jika sidak dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kelengkapan atas perizinan bangunan .

"Kami mendapatkan informasi dari masyarakat dan Kepala , jika ini sebagian bangunannya dibangun di atas sungai. Tentu saja ini tidak boleh, karena menyalahi aturan. Karena keberadaan sungai peruntukannya untuk irigasi, dengan alasan apa pun tidak boleh ada bangunan di atasnya," terang Jatmiko.

Mantan Kepala ini menambahkan, dari hasil sidak tadi diketahui banyak pelanggaran-pelanggaran yang ditemukan di lapangan.

"Pelangarannya banyak, beberapa di antaranya terkait izin pada 2007 dan pada 2014 yang harus dikaji ulang. Sebab, jika dilihat, saat ini hotelnya berbeda, karena ada pembaharuan dan penambahan-penambahan, mengingat sekarang 2021. Jadi, ya harus dilakukan izin ulang, karena tidak sesuai dengan siteplan yang terdahulu. Selain itu, kami menemukan bahwa memang benar sebagian bangunan hotel berdiri di atas sungai. Bahkan, dari pengakuan pihak hotel mengatakan, jika hotel tersebut hotel melati, padahal kenyataannya hotel ini termasuk hotel berbintang," ungkapnya.

Politikus Partai Nasdem ini juga berjanji, bakal berkoordinasi dengan Komisi B dan Komisi C, terkait dengan temuan pelangaran-pelanggaran di .

"Pastinya, dalam waktu dekat kami akan melakukan sidak lanjutan lagi. Kami sudah banmuskan, seperti pada agenda sidak hari ini. Dan kami perintahkan kepada pihak hotel, agar segera membongkar sebagian bangunan yang berdiri di atas sungai itu," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi A DPRD , Agung Sugiyono. Menurutnya, hasil sidak bersama dengan dinas terkait hari ini diketahui banyak pelanggaran yang terjadi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video