Pembebasan Lahan untuk Penanganan Banjir Kali Lamong di Gresik Tunggu Penlok dari Pemprov Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pembebasan Lahan untuk Penanganan Banjir Kali Lamong di Gresik Tunggu Penlok dari Pemprov Jatim

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Senin, 06 Desember 2021 14:50 WIB

Edy Santoso, M.T., Anggota Komisi III DPRD Gresik saat mengikuti dialog interaktif soal penanganan Kali Lamong. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - terus mengebut penanganan , baik dengan cara pembangunan tanggul maupun normalisasi.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi III , Edy Santoso, saat menanggapi pertanyaan peserta dialog interaktif terkait keseriusan dalam merealisasikan program penanganan .

Dialog interaktif secara hybrid itu diadakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gresik bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), serta Komisi III yang membidangi pembangunan, Senin (6/12).

Menurut Edy, pembangunan tanggul dan parapet sudah dimulai tahun ini. Untuk tahap awal, pemerintah konsentrasi di wilayah Kecamatan Cerme, seperti di Desa Jono, Tambakberas, dan Morowudi.

Untuk tahun depan, pembangunan tanggul dan parapet akan dilaksanakan di wilayah . "Tahun depan (2022) insya Allah sudah dimulai di ," kata Edy.

Pembangunan tersebut dilakukan di lahan negara dan lahan yang telah dibebaskan oleh pemerintah.

"Tahun 2021, awalnya mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan sebesar Rp 50 miliar. Namun, setelah dipakai untuk kebutuhan lain terpakai Rp 24 miliar untuk pembebasan. Sisanya seperti untuk kontraktual, swakelola, dan pengadaan alat excavator," jelas Ketua DPC Partai Demokrat ini.

"Untuk pembangunan tanggul dan parapet pada 2021 ada anggaran sekitar Rp 100 miliar dari Kementerian PUPR," ungkapnya.

Sementara pada tahun 2022, ada alokasi anggaran sekitar Rp 60 miliar untuk pembebasan lahan. Namun, pembebasan lahan itu baru bisa dilakukan apabila penetapan lokasi (penlok) dari pemerintah provinsi sudah turun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video