Banjir Bandang Batu-Malang Berdampak Psikologi Kaum Perempuan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Banjir Bandang Batu-Malang Berdampak Psikologi Kaum Perempuan

Editor: Redaksi
Jumat, 12 November 2021 23:31 WIB

Hidayatus Sholihah.

Oleh: Hidayatus Sholihah

Banjir bandang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu-Malang, Provinsi Jawa Timur, sungguh sangat memprihatinkan. Sebab, dampak yang ditimbulkan akibat musibah tersebut sangat banyak, terutama bagi kaum perempuan.

Banjir bandang yang terjadi pada tanggal 4 November 2021 di Kota Batu-Malang, serta beberapa wilayah lainnya disebabkan karena curah hujan yang tinggi. Selain karena faktor curah hujan, faktor adanya gangguan ekosistem di wilayah tersebut juga dapat berpengaruh.

Curah hujan yang cukup tinggi ini diperparah dengan kondisi tangkapan air di tanah yang sudah terbuka, menyebabkan banyak sekali erosi tanah dan batu.

Gangguan ekosistem ini terjadi di antaranya diakibatkan alih fungsi lahan oleh manusia, seperti penggunaan lahan untuk pertanian maupun permukiman.

Pengaruh tekanan penduduk dalam penggunaan lahan tidak lagi sesuai dengan daya dukung lingkungan, dan kemampuan lahan, juga salah satu faktor.

Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab banjir bandang di Kota Batu-Malang, Jawa Timur.

Di Kota Batu misalnya, banyak lahan yang sudah dijadikan permukiman, perhotelan, bahkan tempat wisata yang dalam proses pembangunan tersebut sering kali kurang memperhatikan aspek dari lingkungan sekitar.

Dalam situasi bencana seperti yang terjadi di Kota Batu-Malang, implikasi dan dampak kerentanan yang dialami korban berbeda antara laki-laki, dan perempuan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video