Kiai Asep: Kita Membantu Orang Lain, Jangan Pernah Pamrih

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rochmat Saiful Aris
Senin, 08 November 2021 20:24 WIB

Kiai Asep Saifuddin Chalim.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pengasuh Pondok Pesantren (PP) , Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. memberikan wejangan kepada para santrinya, agar saling peduli terhadap sesama. Sebab, sebagai makhluk sosial, kita saling membutuhkan atau memerlukan satu sama lainnya.

"Hendaklah momen hidup ini untuk menjadi berarti bagi orang lain. Sekecil apa pun itu, berilah pertolongan atau bantuan dengan ikhlas kepada orang lain yang membutuhkannya, tanpa mengharap imbalan dari mereka yang kita bantu. Setiap memberikan bantuan kepada orang lain, jangan pernah pamrih. Kita perlu menanamkan sifat ikhlas dalam hal membantu orang lain. Jangan pernah berniat memberi bantuan kepada orang lain hanya semata mata untuk mengharap ridho maupun pahala dari Allah Swt," pesan , Senin (8/11/2021).

Pendiri Asep Saifuddin Chalim Foundation (ASCF) ini kemudian menceritakan pengalamannya saat memberikan program kuliah gratis kepada sejumlah warga yang ada di wilayah Gresik, Lamongan, dan sekitarnya. Menurut , dari program kuliah gratis itu, mereka yang sebelumnya tidak berdaya menjadi orang sangat berdaya. Namun, setelah menjadi orang orang sukses, mereka tidak mau datang saat diundang di berbagai momen, dengan berbagai macam alasan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video