Tafsir Al-Hijr 41: Tuhan Berkampanye | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Hijr 41: Tuhan Berkampanye

Editor: Revol
Senin, 23 Maret 2015 23:40 WIB

Ilustrasi. foto: dephatralala.blogspot.com

Oleh: KH. Musta'in Syafi'ie...  

BangsaOnline - Ayat pendek ini bicara soal "shirath" (jalan) yang benar. Ditandaskan, bahwa jalan yang dimaksud adalah agama yang mengajarkan kejujuran, lurus, tidak ada liku, simpang atau bengkok (mustaqim). Agama yang dimaksud adalah agama islam yang dibawa oleh nabi Muhammd SAW.

Ayat pendek ini adalah solusi setelah terjadi drama alam langit yang melibatkan Iblis, malaikat dan Adam. Tuhan mencipta Adam sebagai penghuni baru yang berbahan baku beda dengan makhluq sebelumnya. Dengan cara-Nya sendiri, Tuhan memandang Adam lebih punya kelebihan dibanding yang lain, sehingga layak ditunjuk sebagai khalifah untuk mengurus bumi. Lebih dari itu, Tuhan menyuruh mereka bersujud, menghormati Adam tanpa ada penjelasan, "mengapa?".

Malaikat yang tadinya protes keras terhadap penciptaan Adam dengan alasan sudah tasbih, bertahmid dan bertaqdis, akhirnya tunduk dan mau bersujud. Sementara Iblis yang diam saja, tanpa tanggapan dan tanpa protes, ternyata mbendhol buri (dongkol di belakang) dan membangkang, tak sudi mematuhi perintah Tuhan dan bahkan menghujat. Iblis akhirnya mendapat fasilitas umur panjang dan bersumpah menjerumuskan Adam dan anak keturunannya. Nah, ayat ini adalah solusi Tuhan teruntuk anak keturunan Adam agar selalu berpegang pada ajaran agama yang lurus ini, supaya selamat dari godaan Iblis dan kroninya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video