Gubernur Khofifah Beri Atensi Bencana di Kota Batu, Siapkan Langkah-langkah Antisipasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Beri Atensi Bencana di Kota Batu, Siapkan Langkah-Langkah Antisipasi

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Agus Salimulllah
Jumat, 05 November 2021 09:56 WIB

Gubernur Jatim Khofifah sempat melihat posko dapur umum yang didirikan oleh Tagana Kota Batu, di Balai Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

BATU, BANGSAONLINE.com - Bencana di yang ada di beberapa titik menjadi atensi khusus Gubernur Jawa Timur Hj . Gubernur bersama Sekda Prov Jatim, Kabarkowil III Malang, serta beberapa pihak terkait melihat kondisi terkini di lokasi bencana yang ada di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, , Kamis (4/11) malam.

Kedatangan Gubernur disambut Wali Dra Hj Dewanti Rumpoko, bersama Wakil Wali dan Forkopimda . Selain itu, Gubernur juga melihat posko dapur umum yang didirikan oleh Tagana , di Balai Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

Direktur Perum Jasa Tirta 1, Raymond Valian Ruritan mengungkapkan, kejadian ini terjadi pada saluran alami, yang tergabung dalam aliran Sungai Brantas. Banjir tersebut berawal dari hujan lebat dengan intensitas tinggi dengan curah hujan di atas sekitar 80 mm, sedangkan di bagian hulu sampai 100 mm selama dua jam, secara kumulatif.

"Hujan mengangkut tanah, kayu, dan ranting pohon di aliran alami yang kanan kirinya ada rumah penduduk, debit air di Kota Malang sekitar 430 meter per detik dengan kondisi siaga," katanya.

Sementara Kepala BBWS Brantas Muhammad Rizal, menambahkan rata-rata hujan di Jawa Timur mencapai 2000 mm, curah hujan tinggi tidak ditunjang dengan tangkapan airnya.

"Kita harus perbaiki ke depan, jangan sampai merembet ke Sungai Brantas, kita bersama pemerintah provinsi dan kota/kabupaten harus menata lagi daerah tangkapan air," ungkap dia. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video