Makam Gus Dur Dibuka, Peziarah Tumpah Ruah

Editor: Rohman
Wartawan: Aan Amrulloh
Senin, 01 November 2021 16:40 WIB

Pengurus Pesantren Tebuireng saat membuka Wisata Religi Makam Gus Dur.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Setelah sekian lama ditutup karena pandemi Covid-19, Makam di , , akhirnya dibuka kembali mulai hari ini, Senin (01/11).

Meski demikian, jadwal berziarah di makam Presiden RI ke-3 itu dibatasi pukul 08:00-13:30 WIB. Pantauan wartawan, ratusan peziarah langsung memadati kompleks makam keluarga di , .

Mereka datang berasal dari beberapa daerah seluruh Indonesia. Sejak kabar pembukaan makam muncul, sejumlah pedagang sekitar makam juga mulai membuka lapaknya kembali.

Menurut satpam yang bertugas di parkir Kawasan Makam (KMGD), Akhmadi, sudah ada tiga bus yang penuh dengan peziarah mengantre untuk berdoa di makam pendiri Nahdlatul Ulama, KH M Hasyim Asy’ari dan Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (), sejak pagi.

"Kalau bus, dari tadi sudah ada tiga yang masuk ke lokasi parkir. Jika satu bus ada 60 orang, maka pagi ini ada 180 orang jika dikali tiga," kata Akhmadi.

Sesuai surat edaran dari , makam dibuka mulai 01 November 2021, untuk umum. Peziarah yang hendak memasuki area makam harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video