Dampak Pandemi, Pengusaha Biro Haji dan Umrah di Madiun Alih Profesi Jual Pizza, Miliki 25 Cabang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dampak Pandemi, Pengusaha Biro Haji dan Umrah di Madiun Alih Profesi Jual Pizza, Miliki 25 Cabang

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Suhartono
Minggu, 31 Oktober 2021 16:57 WIB

Jhon Riyadi saat menawarkan dagangan pizza miliknya.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Berawal dari tutupnya akses keluar negeri, khususnya ibadah haji dan umrah, seorang pengusaha biro wisata yang melayani perjalanan ibadah haji dan umrah di Madiun harus putar otak agar dapurnya terus mengebul.

Adalah Jhon Riyadi, pengusaha biro wisata yang banting setir menjadi pebisnis kuliner merek "Apa Ya". Pemuda asal Palembang yang sekarang menetap di Madiun ini menuturkan suka duka saat ditutupnya tanah suci untuk negara asing, hingga usahanya macet.

"Kemarin saat jalani biro umroh dan haji kan tutup mas, jadi ya saya harus cari pemasukan yang lain agar dapur tetap mengebul," ungkap Jhon kepada BANGSAONLINE.com saat ditemui di Sunday Market, Minggu (31/10/2021).

Ia sempat membuka laundry dengan pelayanan antar jemput, hingga berjualan ayam goreng krispi di tepi jalan. Hingga akhirnya sukses menggeletu usaha ini.

"Awal saya bisa membuat ini tahu ada media yang melakukan kursus membuat secara online. Setelah saya ikuti kursusnya dan saya praktikkan serta sempat tak (saya) jual, kok kayaknya menguntungkan. Ya, akhirnya saya tekuni usaha ini," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video