Forkopimda Banyuwangi Gelar Apel Pasukan Gabungan Siaga Bencana Jelang Musim Penghujan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Forkopimda Banyuwangi Gelar Apel Pasukan Gabungan Siaga Bencana Jelang Musim Penghujan

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Teguh Prayitno
Senin, 25 Oktober 2021 17:13 WIB

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu menjelaskan alat-alat utuk mengatispasi bencana kepada Bupati Ipuk Fiestiandani.

Forkopimda Gelar Apel Pasukan Gabungan Siaga Penanggulangan Bencana Hadapi Musim Penghujan

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Forkopimda Kabupaten berupaya melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menangani segala kemungkinan bencana yang terjadi di Bumi Blambangan. Terlebih lagi musim penghujan segera tiba, sehingga diperlukan sinergi antar instansi terkait.

Seperti pada kegiatan apel kesiapsiagaan yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Blambangan, , Senin pagi (25/10/2021). Sejumlah personel gabungan yang terdiri dari jajaran Pemkab , TNI-Polri, Basarnas, BNPB, dan PMI mengikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi.

Seluruh personel tersebut disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang diakibatkan parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembaban, temperatur, dan angin. Mulai dari banjir, angin puting beliung, longsor, abrasi, hingga gelombang pasang.

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati tersebut juga diikuti seluruh jajaran Forkopimda , Dandim 0825 Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, Danlanal Letkol Laut (P) Ansori, Kapolresta AKBP Nasrun Pasaribu, serta sejumlah personel berseragam lengkap.

Para pimpinan Forkopimda Kabupaten tersebut juga melakukan pengecekan dan melihat kesiapan para personel.

Kapolresta AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, Kabupaten merupakan wilayah yang rawan akan bencana. Potensi bencana sangat beragam, mulai dari bencana gunung api, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan banjir.

Menurut AKBP Nasrun, kerawanan bertambah seiring dengan masuknya musim penghujan di daerah yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti tanah longsor dan banjir di sejumlah titik.

"Dengan adanya potensi itu, maka kita harus siap siaga dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, salah satunya bencana hidrometeorologi. Apel ini sebagai bentuk kesiapsiagaan seluruh elemen di ," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video