Ada 7.909 Warga Asing di Jatim, Tiongkok Terbanyak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ada 7.909 Warga Asing di Jatim, Tiongkok Terbanyak

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy Herlambang
Minggu, 24 Oktober 2021 22:42 WIB

Sejumlah orang asing sedang mengurus izin tinggal.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Jatim termasuk salah satu destinasi bagi warga asing. Hingga September 2021, tecatat 7.909 warga asing yang ada di Jatim. Paling banyak berasal dari Tiongkok. Sedangkan yang berstatus pengungsi, Warga Negara Afghanistan mendominasi.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Krismono. Menurutnya, warga asing di Jatim berasal dari 123 negara berbeda. Yang terbanyak berasal dari Tiongkok (1.409), Malaysia (831), dan Korea Selatan (534). “Keberadaannya paling banyak di daerah Malang dan Surabaya,” ujar Krismono dalam siaran persnya (24/10).

Krismono menjelaskan bahwa mereka datang dengan berbagai jenis izin. Ada yang menggunakan izin tinggal kunjungan (ITK), izin tinggal terbatas (Itas), maupun izin tinggal tetap (Itap). Malang dipilih karena selama ini menjadi rujukan bagi pelajar asing. Sedangkan Surabaya banyak dikunjungi oleh pebisnis asing.

“Untuk daerah Ponorogo dan Kediri kebanyakan adalah santri internasional yang banyak menimba ilmu di Ponpes Gontor maupun Al Fatah Temboro,” urai Krismono.

Dari segi pengawasan, Krismono menjelaskan bahwa jajarannya telah miliki 706 tim pengawas (Timpora) dari tingkat provinsi hingga kecamatan. Tim tersebut terdiri dari petugas lintas sektoral seperti pemda, polisi, tentara hingga BIN. Sehingga, selain operasi mandiri, petugas imigrasi juga aktif melakukan operasi gabungan.

Hasilnya, ada 51 tindakan hukum keimigrasian yang dilayangkan kepada . “Dari jumlah itu, 33 telah dideportasi dan satu dilakukan tindakan projusticia,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video