Tangan Dingin Lulusan ITB Antar Siswa di Kota Kediri Borong Prestasi Robotik Tingkat Nasional | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tangan Dingin Lulusan ITB Antar Siswa di Kota Kediri Borong Prestasi Robotik Tingkat Nasional

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 21 Oktober 2021 16:52 WIB

Alfareza Firdausy dan Bintang Gema, Tim Robotik MTsN 2 Kota Kediri yang berhasil menggondol juara kompetisi robotik tingkat nasional. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Robotik dari yang beranggotakan Alfareza Firdausy dan Bintang Gema, berhasil menjadi juara 1 tingkat nasional.

Keberhasilan Tim Robotik MTsN Kota Kediri menjuarai nasional itu merupakan buah dari sabar dan telatennya Julian Sahertia, guru robotik madrasah setempat. Julian-lah yang selama ini memoles potensi Alfareza Firdausy dan Bintang Gema.

Julian sendiri memilih menjadi guru robotik karena ingin membantu mengasah potensi robotik siswa di daerah. Ia mulai mengajar ekstrakurikuler robotik sejak tahun 2018. Lulusan Teknik Informatika ITB ini sudah beberapa kali mengantarkan para 'ilmuwan cilik' pada kejuaraan serupa.

"Ternyata anak-anak di Kota Kediri cukup berpotensi dan mampu bersaing dengan kota-kota lain. Saat ekskul, siswa telah dibekali dasar-dasar robotik. Sehingga saat mulai mendaftar kompetisi, mereka hanya fokus pada persiapan lomba," ujar Julian.

Selain di , ia juga mengajar di madrasah lainnya yang memiliki ekstrakurikuler robotik. Ia pun memiliki lembaga pembelajaran bernama Ruang Robot.

Menurut Julian, tak mudah untuk bisa menjadi juara di tersebut. Banyak tantangan dan tekanan yang harus dihadapi anak didiknya saat bersaing dengan 30 kontestan lainnya dari seluruh Indonesia. Di antaranya, tim harus membuat ulang program sesuai misi yang disediakan, di ruangan tersendiri tanpa didampingi guru dan pelatih.

"Jadi kemarin apa yang sudah dipersiapkan di sekolah seperti latihan di track yang disiapkan, software, itu berbeda jauh dengan di lokasi lomba. Waktu di sana, mereka harus memprogram ulang robot itu dari awal," ujar Julian, Kamis (21/10).

Pembagian tim dan manajemen waktu juga menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan Reza dan Bintang. Dalam waktu 3 jam, mereka terus melakukan uji coba lintasan dan harus menuntaskan misi untuk penilaian keesokan harinya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video