Jelang Maulid Nabi, Pengrajin Kembang Endok di Banyuwangi Panen Cuan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jelang Maulid Nabi, Pengrajin Kembang Endok di Banyuwangi Panen Cuan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Teguh Prayitno
Senin, 11 Oktober 2021 10:01 WIB

Ratna dan kembang endok hasil produksinya yang dijajakan.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Meski pandemi, pengrajin kembang endok di Kabupaten tetap dibanjiri pesanan menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah. Otomatis para pelaku bisnis musiman tersebut saat ini panen cuan alias untuk.

Pasalnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kabupaten paling ujung timur di Pulau Jawa ini, selalu dirayakan dengan pesta telur atau sebuah tradisi yang biasa disebut dengan endok-endokan.

"Alhamdulillah sudah mulai banjir orderan. Meski pandemi, permintaan kembang endok tak banyak pengaruh. Mungkin karena sudah jadi tradisi. Karena di , kalau merayakan tidak ada kembang endok rasanya kurang sempurna," kata Ratna (37) pengrajin sekaligus pedagang kembang endok di Jalan Susuit Tubun, Pasar , Senin (11/10/2021).

Ratna yang merupakan warga Lingkungan Surodiglan, Kelurahan Kepatihan itu mengaku menggeluti bisnis kembang endok sejak delapan tahun silam." Awalnya saya menjual saja, tetapi mulai empat tahun belakangan saya mencoba produksi sendiri," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video