Tanya-Jawab Islam: Bagaimana Hukum Mengemis dengan Tujuan Mencari Modal? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Bagaimana Hukum Mengemis dengan Tujuan Mencari Modal?

Editor: Revol
Kamis, 19 Maret 2015 01:31 WIB

Dr. KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<


Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Saya ingin bertanya, bagaimana hukumnya orang yang menjadi peminta-minta (pengemis) sementara waktu untuk mendapatkan modal usaha? Apakah ini dibenarkan dalam Islam? terima kasih atas jawabannya. Wassalamualaikum wr wb. (Tarmint, Nganjuk).

Jawab:

Meminta-minta yang sekarang marak menjadi sebuah profesi dan pelakunya disebut pengemis tidak pernah dibenarkan di dalam Islam. Rasulullah tidak pernah menganjurkan meminta-minta itu dilakukan oleh umatnya. Sebuah hadis laporan Zubair bin al-Awam ra bahwasannya Rasulullah saw bersabda :

لأن يأخذ أحدكم حبله فيأتي بحزمة الحطب على ظهره فيبيعها فيكف الله بها وجهه خير له من أن يسأل الناس أعطوه أو منعوه

“Sungguh, orang yang mengambil talinya kemudian membawa seikat kayu bakar di atas pundaknya lalu menjualnya sehingga Allah menjaga kehormatannya itu lebih baik daripada meminta-minta kepada orang lain, yang terkadang memberinya atau menolaknya”. (Hr. Bukhari:1402).

Hadis lain laporan dari Habsyi bin Junadah menyatakan bahwa Rasulullah bersabda:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tanya jawab

Berita Terkait

Bangsaonline Video