Lagi, Jatim Berprestasi, ​Kinerja Pendidikan Jawa Timur Tertinggi se-Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lagi, Jatim Berprestasi, ​Kinerja Pendidikan Jawa Timur Tertinggi se-Indonesia

Editor: MMA
Rabu, 06 Oktober 2021 23:00 WIB

Grafis: Humas Pemprov Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Provinsi Jawa Timur kembali menunjukkan kinerja terbaiknya dalam bidang pendidikan. Setelah berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional yang terus diraih oleh para siswa maupun guru, kini kinerja pendidikan Jawa Timur dinilai yang tertinggi di Indonesia.

Penilaian ini dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam highlight Indeks Kinerja Urusan Pendidikan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Laporan yang dirilis pada bulan September 2021 tersebut menujukkan bahwa indeks kinerja pendidikan Jawa Timur mencapai 4,2308 poin mengungguli 33 provinsi yang lain di Indonesia.

Imelda, Kasubdit Evaluasi Kinerja Wilayah III Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri menjelaskan bahwa posisi Provinsi Jawa Timur dari 34 provinsi seluruh Indonesia berada di atas rata-rata Indeks Kinerja Urusan Pendidikan secara nasional.

“Hal ini perlu dipertahankan oleh gubernur melalui perangkat daerah terkait untuk memastikan kinerja pelayanan dasar di bidang pendidikan dapat terlaksana berdasarkan standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” papar Imelda.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan rasa syukur karena berbagai program di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur selama ini berbuah apresiasi yang membanggakan.

“Kita patut bersyukur karena berbagai ikhtiar yang kita dilakukan untuk memberikan pelayanan pendidikan dan kualitas yang terbaik untuk masyarakat Jawa Timur menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Sebagai gubernur saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak baik jajaran pemerintah provinsi, kabupaten/kota maupun masyarakat yang telah bekerja keras untuk menjaga marwah pendidikan di Jawa Timur, para pelajar, tenaga pendidik dan kependidikan, apalagi pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak selama masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” kata Gubernur Khofiah.

Gubernur Khofifah juga menyatakan bahwa kinerja pendidikan Jawa Timur yang diapresiasi oleh Kemdagri merupakan buah dari kebijakan Jatim Cerdas yang merupakan bagian dari Nawa Bhakti Satya program Pemprov Jawa Timur.

“Alhamdulillah, berbagai program dari Jatim Cerdas yang diikuti dengan alokasi anggaran yang memadai serta inovasi-inovasi dalam bidang pendidikan telah terbukti mampu memacu prestasi pendidikan Jawa Timur. Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh insan pendidikan di Jawa Timur terutama kepada pada kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang selama ini berkolaaborasi untuk memajukan Pendidikan di Jawa Timur,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi juga menegaskan bahwa indeks kinerja pendidikan Jawa Timur bisa meraih nilai tertinggi di Indonesia berkat komitmen pemerintah daerah dalam merencanakan dan menganggarkan serta membuat skala prioritas dalam bidang pendidikan dengan memperhatikan visi misi yang dituangkan ke dalam dokumen perencanaan baik dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang sejalan dengan prioritas pembangunan nasional dalam pengembangan sumberdaya manusia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video