Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Desa Klampis Timur Gelar Rokat Tase' Atas Melimpahnya Hasil Laut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Desa Klampis Timur Gelar Rokat Tase' Atas Melimpahnya Hasil Laut

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Minggu, 26 September 2021 22:47 WIB

Rokat Tase' di Desa Klampis Timur dilakukan dengan melakukan larung ke tengah laut serta pesta rakyat.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Klampis Timur, Kecamatan Klampis, Bangkalan menggelar acara rokat tase' sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, atas melimpahnya hasil laut.

Acara yang dikemas dengan pesta rakyat ini diawali dengan dzikir dan pembacaan Surat Yasin. Kemudian dilanjutkan ceramah agama dari Kiai Pondok Pesantren Al Aziziyah Bangkalan.

Guntur, Kepala Desa Klampis Timur mengatakan, kegiatan rokat tase' bertujuan untuk mempertahankan tradisi dari leluhur. Kegiatan yang digelar setiap setahun sekali itu dilakukan dengan berbagi rezeki atas hasil laut yang melimpah.

"Ini adalah bentuk syukur kami atas hasil laut yang melimpah. Pelaksanaannya dengan melakukan larung ke tengah laut. Serta pesta rakyat lainnya seperti karnaval mengelilingi desa, lomba, dan penampilan seni tari dan bela diri oleh masyarakat," jelasnya kepada wartawan BANGSAONLINE.com setelah pelaksanaan rokat tase', Minggu (26/9/2021).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video