Pertama di Indonesia, Ribuan Guru dan Siswa Ikuti Uji Kompetensi Berbasis Literasi dan Numerasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pertama di Indonesia, Ribuan Guru dan Siswa Ikuti Uji Kompetensi Berbasis Literasi dan Numerasi

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Rabu, 22 September 2021 16:37 WIB

Uji Kompetensi Berbasis Literasi dan Numerasi yang diadakan Kualita Pendidikan Indonesia secara massal dan serentak. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 22.081 peserta yang terdiri dari pendidik maupun peserta didik mengikuti uji kompetensi berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Akbar yang diadakan oleh Kualita Indonesia (KPI). Ini adalah yang pertama kali di Indonesia.

Uji kompetensi yang dilaksanakan berbasis CBT (Computer Based Test) itu dilaksanakan mulai dari tanggal 15-17 September 2021 serentak di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat 293 yang telah berpartisipasi di uji coba ini dengan jumlah masing-masing di SD sebanyak 245 dan SMP sebanyak 48 .

Kegiatan itu dilaksanakan untuk membantu - menyiapkan diri terutama membiasakan para dan nya dengan soal-soal berbasis literasi dan numerasi yang masih terasa 'asing' meskipun dalam keseharian telah diimplementasikan dalam pembelajaran. Hal itu diakui para peserta usai mengikuti kegiatan.

"Alhamdulillah, percobaan uji coba AKM ini akan menjadi bekal bagi para , bagaimana nantinya dalam tatanan teknis bisa ditularkan ke . Semakin sering, maka makin terasah. Sehingga mutu semakin meningkat," ujar Mudzakkir, Kepala SDIT Ihsanul Amal Amuntai, Rabu (22/9/2021).

Hal senada juga disampaikan oleh Hamzah, Guru SD 3 YPPSB Sangatta yang menyampaikan bahwa uji coba itu menjadi tolok ukur kesiapan dan peserta didik untuk menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video