Wisata Makam Bung Karno Diuji Coba Buka dengan Prokes Ketat, Berdoa di Pusara Dibatasi 10 Menit

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Try Susanto
Minggu, 19 September 2021 21:29 WIB

Wisata Makam Bung Karno di Kota Blitar.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Makam Bung Karno (MBK) mulai dibuka kembali, Minggu (19/3/2021). Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melakukan uji coba pembukaan wisata Makam Bung Karno di masa PPKM Level 3.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar Hakim Sisworo mengatakan, meski sudah dibuka namun pihaknya menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

"Jadi, untuk uji coba pembukaan ini diterapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar Hakim.

Pengunjung diwajibkan memakai masker secara benar serta mencuci tangan sebelum masuk ke area makam. Pengelola makam menyiapkan wastafel dan sabun untuk pegunjung.

Juru Kunci Makam Bung Karno, Kahfi Annezar mengatakan, pihaknya membuat nomor antrean 1 sampai 100. Pengunjung masuk ke pusara secara bergilir maksimal 25 orang. Durasi berdoa para pengunjung di pusara Bung Karno juga dibatasi maksimal 10 menit.

"Mereka yang masuk ke makam juga hanya mereka yang sudah vaksin. Untuk anak-anak dan orang dewasa yang belum vaksin hanya diperbolehkan di luar pusara," ungkap Kahfi.

Pantauan di lokasi wisata Makam Bung Karno, sejak pagi para wisatawan sudah berdatangan. Hingga pukul 09.30 WIB saja sudah ada 100 orang yang masuk ke pusara Bung Karno.

"Dari luar kota, ada yang dari Surabaya, Banyuwangi, dan ada yang lokal dari Blitar," imbuhnya.

Rahman, salah satu pengunjung Makam Bung Karno mengaku senang bisa berkunjung ke Makam Bung Karno. Dia bersama keluarga sengaja menghabiskan waktu akhir pekan untuk berziarah.

Dia juga mengaku senang dengan protokol kesehatan (prokes) yang diberlakukan, sehingga pengunjung tidak khawatir selama berada di area makam. "Protokol kesehatannya benar-benar dijaga, jadi kita tidak khawatir," tuturnya.

Selama ini, Makam Bung Karno memang menjadi tujuan wisata utama di Kota Blitar. Di hari biasa sebelum pandemi, ribuan orang datang ke tempat ini. Selain berziarah, pengunjung juga bisa melihat berbagai koleksi buku dan benda bersejarah di Perpustakaan Bung Karno yang lokasinya bersebelahan.

Bagi yang ingin melihat rumah keluarga Soekarno bisa datang ke Istana Gebang yang berjarak sekitar 1 km dari Makam Bung Karno.

Dengan uji coba pembukaan wisata Makam Bung Karno itu diharapkan bisa menjadi awal untuk pembukaan tempat wisata lainnya. Sehingga, perekonomian di sekitar lokasi wisata juga bisa bergerak.

Nantinya, lokasi wisata lainya juga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti yang dilakukan di lokasi Makam Bung Karno. Sehingga, pengunjung bisa tetap aman dan nyaman selama di lokasi wisata. (tri/ian)