Sahkan Desa Tegalwangi Jadi Kampung Gurami, Bupati Hendy: Bisa Memotivasi Desa-Desa Lain di Jember

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Minggu, 19 September 2021 17:47 WIB

Bupati Hendy saat melakukan kunjungan ke Desa Tegalwangi sekaligus mengesahkan sebagai desa Kampung Gurami ditandai dengan pemasangan batu prasasti, Sabtu (18/9) kemarin.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember sejak lama dikenal dengan sebutan Kampung Gurami. Sebutan tersebut menjadi ikon, lantaran mayoritas masyarakatnya melakukan budi daya ikan gurami sehingga menjadi sentra gurami terbesar di Kabupaten Jember.

Melihat potensi itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mendorong dan mengesahkan Desa Tegalwangi sebagai desa “Kampung Gurami”. Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah sekaligus agar menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Jember.

“Ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Jember, ilmunya bisa ditularkan,” kata Bupati Hendy saat melakukan kunjungan sekaligus mengesahkan Desa Tegalwangi sebagai Kampung Gurami ditandai dengan pemasangan batu prasasti, Sabtu (18/9) kemarin.

"Saya sangat bangga sekali dengan Desa Tegalwangi. Saya ingin buat suatu Prasasti Gurami. Ini bisa dimasukkan ke penghargaan kelas nasional dan sebagai contoh desa yang lain," ujarnya.

(Bupati Hendy sedang memegang seekor ikan gurami)

Orang nomor satu di Kota Tembakau itu berharap dengan disahkannya Desa Tegalwangi sebagai Kampung Gurami dapat menambah destinasi wisata baru di Jember.

"Bentuklah 1 paket kegiatan mulai dari edukasi bagaimana ternak gurami yang baik. Kegiatan ini terus dibina. Media akan mempromosikan. Seluruh pihak dari karang taruna, camat, dan kades berkolaborasi untuk membuat paket edukasi, seni, kuliner, dan wisata," sarannya.

“Saya berharap Kampung Gurami ini bisa menjadi paket destinasi wisata bagi para pengunjung,” harapnya.

Dalam kunjungannya, Hendy didampingi kepala OPD terkait, disambut dengan tarian dari Sanggar Tari Pangestuti oleh masyarakat setempat. (yud/eko)