DKPP Kota Kediri Serukan Penggunaan Agensi Hayati Untuk Kendalikan OPT | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DKPP Kota Kediri Serukan Penggunaan Agensi Hayati Untuk Kendalikan OPT

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 16 September 2021 16:40 WIB

Seorang petani menunjukkan agensi hayati yang sudah dikemas dalam botol. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri serukan penggunaan untuk mengendalikan Organisme Penganggu Tanaman (OPT). Sebab, penggunaan pestisida anorganik secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

"Pestisida anorganik memang cepat dalam mengurangi populasi hama, namun kita juga perlu mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan. Jadi lebih bijak jika kita mulai beralih ke untuk mengendalikan OPT," kata Kepala DKPP Kota Kediri, Mohammad Ridwan, Kamis (16/9).

Di samping itu, menurutnya, penggunaan dalam jangka panjang lebih aman dan tidak berisiko.

"Sebab, sebenarnya ini adalah organisme berupa jamur, bakteri, virus, nematoda, serangga, dan hewan lainnya yang berasal dari alam, sehingga penggunaannya akan jauh lebih aman," terangnya.

Ridwan mengakui untuk mendapatkan hasil yang diharapkan memerlukan waktu. Namun banyak studi yang telah membuktikan bahwa ini lebih efektif dan efisien dalam mengendalikan hama dan penyakit tanaman.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video